Dark/Light Mode

Jika Prabowo Bertemu Mega, Suhu Politik Akan Makin Adem

Hendrawan Supratikno: Tidak Harus Saat Ada Proses Hukum Di MK

Rabu, 3 April 2024 07:50 WIB
Hendrawan Supratikno, Politisi Senior PDIP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Hendrawan Supratikno, Politisi Senior PDIP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Gibran berharap, Prabowo bertemu dengan Megawati pada Ramadan ini. Tanggapan Anda?

Harapan yang baik dan tentu harus dihargai.

Kapan waktu terbaik untuk mewujudkan pertemuan itu?

Waktu pertemuan bisa diatur. Tidak harus saat proses hukum, berupa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden-Wakil Presiden, sedang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK). Supaya, pertemuan tidak diberi tafsiran macam-macam.

Baca juga : Dahnil Anzar Simajuntak: Insya Allah Bertemu Usai Bulan Ramadan

Jika pertemuan ini terwujud, apakah akan muncul penafsiran bahwa PDIP sudah jadi pendukung Prabowo?

Salah satu tafsiran yang mungkin muncul, Prabowo berupaya mengura­ngi ketergantungan koalisi kepada Golkar, atau menjadikan PDIP seba­gai bandul penyeimbang. Tafsiran lain yang mungkin muncul, PDIP siap masuk pemerintahan.

Untuk mengurangi persepsi yang kontraproduktif, jika memang akan ada pertemuan, tentu disiapkan secara matang. Tidak terburu-buru.

Apakah pertemuan itu bisa te­realisasi?

Baca juga : Srikandi Beringin Siap Tarung

Satu hal yang jelas, Bu Mega punya hubungan yang baik dengan Pak Prabo­wo. Tidak ada episode relasi yang retak, karena rasa tidak percaya satu sama lain.

Di media, kami pernah secara ter­buka menyampaikan pujian tentang buku Pak Prabowo berjudul Paradoks Indonesia. Dalam banyak hal, pan­dangan dan gagasan Prabowo sejalan dengan strategi Trisakti Bung Karno.

Demikian juga ketika Prabowo mengutip filsuf Yunani Thucydides, yang menyatakan “the strong do what they can, and the weak suffer what they must”. Kalau lemah, kita akan mengalami mata rantai penderitaan sebagai nasib yang harus dijalani.

Megawati dan Prabowo tidak ada masalah ya?

Baca juga : Kapolri: Berikan Pelayanan Terbaik Ke Pemudik Lebaran

Bu Puan pernah silaturahmi ke Hambalang. Pak Prabowo ke Teuku Umar. Komunikasi baik. Pak Prabo­wo, bahkan pernah meminta Bu Mega meresmikan Patung Bung Karno di Kemenhan dan Akmil Magelang. Kami pernah bahu membahu di parle­men, karena sama-sama berada di luar pemerintahan (2009-2014). NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Rabu, 3 April 2024 dengan judul "Jika Prabowo Bertemu Mega, Suhu Politik Akan Makin Adem, Hendrawan Supratikno: Tidak Harus Saat Ada Proses Hukum Di MK"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.