Dark/Light Mode

PKS, NasDem Dan PKB Belum Pasti Berkoalisi Hadapi Pilgub Jatim 2024

Irwan Setiawan: Kami Masih Menunggu Jadwal Teman-teman PKB

Minggu, 19 Mei 2024 07:50 WIB
Irwan Setiawan, Ketua DPW PKS Jatim. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Irwan Setiawan, Ketua DPW PKS Jatim. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) mulai menarik perhatian.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mengusung pasangan Khofifah Indar Parawansa- Emil Elestianto Dardak.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, koalisi partai pengusung Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim memegang suara sebanyak 52 persen.

Baca juga : Irma Suryani Chaniago: Kami Tak Paksakan Diri Untuk Berkoalisi

Airlangga menambahkan, Golkar sebagai salah satu anggota KIM, konsisten mendukung Khofifah-Emil Dardak menjadi Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jatim.

"Kami juga sudah komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju yang seluruhnya punya calon sama," kata Airlangga di rumahnya, Jakarta, usai menyerahkan surat dukungan itu kepada Khofifah-Emil, Jumat (17/5/2024).

Airlangga menyebut, suara KIM di Jawa Timur mencapai 52 persen, sehingga sudah cukup untuk mengusung Khofifah-Emil Dardak. "Tapi kalau yang lain mau ikut, boleh," tandasnya.

Baca juga : Infrastruktur Transportasi Se-Indonesia Digeber Abis

Seperti diketahui, KIM adalah pengusung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Antara lain, terdiri dari Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN dan Partai Demokrat.

Sedangkan di koalisi lain, seperti Koalisi Perubahan, belum ada sikap resmi apakah mereka akan berkoalisi untuk Pilgub Jatim.

Seperti diketahui, koalisi ini terdiri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang unggul di Jawa Timur, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca juga : Kerja Sama KIM Bisa Berlanjut Ke Pilkada

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan, NasDem tidak menutup pintu akan bekerja sama kembali dengan Koalisi Perubahan untuk Pilgub Jatim. Namun, dia menegaskan, Koalisi Perubahan akan rasional dalam membangun koalisi.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menjelaskan, kerja sama PKS dengan Koalisi Perubahan untuk Pilgub Jatim belum pasti.

Berikut wawancara dengan Irwan Setiawan mengenai hal tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.