Dark/Light Mode

Minimalisir Dinamika Politik

Kerja Sama KIM Bisa Berlanjut Ke Pilkada

Minggu, 19 Mei 2024 07:30 WIB
Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. (Foto: IG kamharlakumani)
Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. (Foto: IG kamharlakumani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat ingin, kerja sama Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilpres 2024 berlanjut ke kontestasi Pilkada Serentak 2024. Asumsinya, KIM merupakan etalase atau barometer politik nasional, sehingga baik jika diteruskan ke tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Tentu saja daerah-daerah yang menjadi etalase atau barometer politik nasional akan mendapatkan porsi perhatian tersendiri, sedapat mungkin bisa diusung bersama,” kata Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani di Jakarta, kemarin.

Kamhar mengamini, pihaknya sangat membuka diri jika KIM ingin mengusung jagoan yang sama di Pilkada 2024. Di mana, KIM merupakan koalisi sukses pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Baca juga : Infrastruktur Transportasi Se-Indonesia Digeber Abis

Di dalam KIM, terdapat banyakpartai. Yaitu, Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gelora, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, dan Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA).

Dikatakan, pemikiran dari KIM ini dilandasi semangat agar kolaborasi dan sinergi Pemerintahan ke depan dapat bisa berjalan dengan optimal. “Antara pemerintah pusat dan daerah, serta meminimalisir dinamika yang tidak diperlukan,” ungkapnya.

Menurutnya, kemesraan KIM ini mulai terlihat di komposisi Pilgub Jawa Timur. Di mana, Partai Golkar turut mendukung jagoan Partai Demokrat yaitu pertahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Baca juga : Orang Miskin Dilarang Kuliah?

“Ini sejalan dengan semangat bersama pada Koalisi Indonesia Maju untuk sedapat mungkin bisa linear antara koalisi yang terbangun di pusat dengan di daerah pada momentum Pilkada serentak ke depan, utamanya pada Pilgub,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto juga mengamini KIM bisa kembali bersatu di Pilgub Banten 2024 dengan mendukung mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. "Kalau KIM relatif sudah ba­has beberapa nama yang sama, termasuk untuk Banten," kata Airlangga di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (17/5/2024) malam.

Dikatakan, penentuan nama bakal calon wakil gubernur Banten untuk mendampingi Airin sedang dalam proses. "Sedang dikomunikasikan dengan partai-partai dan kembali nanti diputus­kan mana yang hasilnya paling tinggi," ujarnya.

Baca juga : Kuartal I Cemerlang, Kuartal II Belum Tentu

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 19 Mei 2024 dengan judul Minimalisir Dinamika Politik, Kerja Sama KIM Bisa Berlanjut Ke Pilkada

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.