Dark/Light Mode

Kehadiran Starlink Di Sini Masih Jadi Perdebatan Anggota DPR

Dave Laksono: Banyak Manfaatnya, Gunakan Dengan Baik

Selasa, 28 Mei 2024 07:40 WIB
Dave Laksono, Anggota Komisi I DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Dave Laksono, Anggota Komisi I DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Bagaimana Anda melihat kehadiran Starlink di Indonesia?

Secara keseluruhan, kehadiran Starlink di Indonesia merupakan hal yang sangat positif. Karena, memiliki potensi dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Ada beberapa keuntungan dan tantangan dalam kehadiran Starlink ini.

Keuntungannya apa saja?

Pertama, Starlink dapat menjangkau daerah terpencil dan pedesaan yang tidak memiliki akses internet memadai, terutama di wilayah pelosok Indonesia.

Baca juga : Indonesia Berupaya Pangkas Kesenjangan Ekonomi Digital

Kedua, masuknya Starlink dapat mendorong persaingan yang lebih sehat di pasar telekomunikasi Indonesia. Ketiga, teknologi Starlink yang canggih, dapat mendorong inovasi dalam industri telekomunikasi Indonesia dan membuka peluang untuk pengembangan layanan baru yang lebih baik.

Bagaimana dengan keamanan siber negara?

Starlink dapat menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan keamanan siber Indonesia. Namun,  penting juga untuk menyadari, potensi ancaman siber baru, bisa saja terjadi.

Apa yang harus dilakukan Pemerintah untuk penguatan sistem keamanan siber?

Baca juga : Tunggu Pelantikan Presiden

Pemerintah perlu meningkatkan kerja sama dengan Starlink dan penyedia layanan internet lainnya, untuk meningkatkan keamanan siber. Perlunya meningkatkan edukasi dan literasi kepada masyarakat yang tidak hanya terkait konten digital, namun juga pemanfaatan infrastrukturnya.

Untuk regulasinya bagaimana?

Undang-undang terkait Siber sudah cukup ya, walaupun perlu ada penguatan nantinya. Kalau secara satelit, tentunya sudah ada di peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk menjaga keamanan siber, apa solusi dari Anda?

Baca juga : PAN Tak Gentar Hadapi Ahok

Starlink dapat menjadi alat berharga untuk meningkatkan akses internet dan kualitas layanan internet di Indonesia. Namun, penting untuk menyadari potensi risiko keamanan sibernya, dan mengambil langkah-langkah untuk memitigasi risiko tersebut.

Saya rasa, dengan adanya kerja sama antara Pemerintah, Starlink, dan masyarakat, maka Starlink dapat digunakan secara aman dan bertanggung jawab untuk mendukung kemajuan Indonesia. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Selasa, 28 Mei 2024 dengan judul "Kehadiran Starlink Di Sini Masih Jadi Perdebatan Anggota DPR, Dave Laksono: Banyak Manfaatnya, Gunakan Dengan Baik"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.