Dark/Light Mode

Giliran Guru Bersuara Soal Tapera

Darul Siska: Manfaat Tapera Harus Diketahui Pekerja Dong

Kamis, 6 Juni 2024 07:50 WIB
Darul Siska, Anggota Komisi IX DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Darul Siska, Anggota Komisi IX DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Apa yang perlu dilakukan Pemerintah mengenai Tapera?

Semua aturan, sebaiknya disosialisasikan terlebih dahulu. Jika diperlukan untuk duduk bareng antara Pemerintah dan pemangku kepentingan, ya tidak apa-apa. Menurut saya, selain ketidakpahaman, ada juga ketakutan dan keberatan di tengah masyarakat.

Konkretnya?

Pertama, kalau tidak paham, masyarakat pasti tidak mau gajinya dipotong. Kedua, kalau sudah ketakutan, mereka tak mau Tapera ini akan bernasib sama dengan ASABRI atau kasus asuransi Jiwasraya.

Baca juga : Satriwan Salim: Sebaiknya Bukan Tapera Tapi Kredit Perumahan

Ketiga, masyarakat keberatan kalau gajinya dipotong lagi. Masyarakat menilai kalau gajinya dipotong lagi, mau makan apa. Belum lagi bagi masyarakat yang sudah punya rumah. Jadi, harus ada pemahaman yang komprehensif dari program itu.

Pemerintah harus pro aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat ya?

Begini, memotong hak orang tentu yang bersangkutan harus ikhlas dan harus tahu manfaat untuk dia apa. Kalau BPJS (Badan Pengelola Jaminan Sosial) kan dia seperti menabung, tapi ada manfaat yang akan diterima kalau terjadi sesuatu. Misalnya, di BPJS Ketenagakerjaan ada lima program. Kalau mereka ikut, uangnya juga tidak hilang.

Perlukah aturan Tapera ini diubah?

Baca juga : Kemenkopolhukam Usul Pidana Bersyarat Saja

Mengubah Peraturan Pemerintah (PP) itu kan gak ada masalah ya. Itu kan buatan manusia juga. Kalau memang setelah diterapkan menimbulkan mudharat yang besar bagi masyarakat, ya tak ada salahnya bicarakan lagi, buat lagi aturan, sehingga masyarakat mau menerima itu.

Apakah program ini bisa dijalankan?

Ini kan amanat undang-undang ya, tapi untuk penyusunan Peraturan Pemerintah, mungkin tidak melibatkan pemangku kepentingan dan tidak ada sosialisasi, tapi tiba-tiba.

Saya kira kebijakan itu harus diketahui manfaatnya oleh pihak yang dikenai kewajiban tersebut. Awalnya saya menduga, Tapera akan diintegrasikan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, di sana sudah ada potong-potongan. NNM

Baca juga : Banteng Nggak Terganggu

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Kamis, 6 Juni 2024 dengan judul "Giliran Guru Bersuara Soal Tapera, Darul Siska: Manfaat Tapera Harus Diketahui Pekerja Dong"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.