Dark/Light Mode

Identifikasi Potensi Wilayah serta Fungsi Fungsi Manajemen di Kelurahan Made

Rabu, 20 Desember 2023 21:58 WIB
Dokumentasi survei kepada Kesra Kelurahan Made, Surabaya. (Foto: Dok. Pribadi)
Dokumentasi survei kepada Kesra Kelurahan Made, Surabaya. (Foto: Dok. Pribadi)

Kelurahan Made merupakan sebuah wilayah yang berada di bagian  Kota Surabaya. Kelurahan ini berada di bawah lingkungan administrasi Kecamatan Sambikerep. Kelurahan Made memiliki luas kurang lebih 4,47 km2. Dalam melaksankan pemerintahnya, Kelurahan Made dipimpin Lurah Muhammad Nurul Huda.

Kelurahan Made memiliki potensi sebagai Desa Wisata berupa wisata budaya. Di Kelurahan Made terdapat sebuah tradisi yang bernama “SEDEKAH BUMI”. Menurut informasi Kesra Keluarahan Made, tradisi Sedekah Bumi menjadi salah satu upacara adat yang cukup terknal di lingkungan Kota Surabaya.

Dari adanya tradisi yang cukup terkenal ini, tentunya mendatangkan banyak wisatawan yang berkunjung ke kelurahan tersebut selama acara berlangsung. Dengan adanya acara tersebut juga menjadi ikon kelurahan yang sampai terkenal hingga saat ini.

Fungsi Pemerintah

Dari adanya potensi kelurahan wisata tersebut, fungsi pemerintah setempat yaitu sebagai pendukung acara tersebut. Acara ini diadakan di momen tertentu sehingga sangat terjaga eksistensinya. Sebagai upaya pengembangan potensi wilayah yang ada di sekitar Kelurahan Made, pihak kelurahan memberikan dukungan melalui dana, publikasi, serta promosi untuk wilayah tersebut. Dukungan dana dari acara ini diberikan langsung oleh Pemerintah Kota Surabaya. Selain itu kelurahan melakukan sebuah dukungan pubikasi dan promosi melalui website resmi yang sudah tersedia dan juga media sosial seperti Instagram, YouTube dan platform sosial media lainnya.

Dengan menjadikan Kelurahan Made menjadi kawasan wisata, tentunya mendatangkan keuntungan bagi warga lokal sekitar kelurahan dan juga pihak Kelurahan Made. Sari acara tersebut ada berapa UMKM yang berkembang dengan pesat.dan juga keuntungan yang didapat oleh kelurahan digunakan kembali untuk mendukung kegiaan kegiatan pemerintahan secara lebih berkembang.

Fungsi-fungsi Manajemen

1. Perencanaan

Baca juga : Awasi Titik Rawan Kecelakaan

Untuk bisa bertahan menjadi kawasan wisata yang tetap eksis dan berkembang, tentu tidak terlepas dari perencanaan dan strategi. Pihak Kelurahan Made telah memiliki rencana untuk memajukan potensi ini untuk ke depannya, yaitu :

a. Membangun kualitas sumber daya manusia yang dapat mendorong serta memajukan potensi wilayah secara bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat

b. Menyusun strategi berupa pelaksanaan acara Bersama dengan pemerintah bawahannya seperti RT, RW dan juga pihak keamanan seperti Satpol PP, Polsek Made untuk melancarkan keberlangsungan acara.

2. Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian dalam manajemen adalah langkah yang mengatur tugas, wwenang, dan sumber daya agar tujuan organisasi dapat dicaai secara efektif dan efisien. Di Kelurahan Made, fungsi pengorganisasian sudah diimplementasikan untuk mengatur kawasan wisata di wilayahnya, antara lain:

a. Kelurahan Made akan membentuk sebuah komite pengembangan wilayah yang berisikan pemerintah setempat dan melibatkan masyarakat. Dengan adanya hal ini,.juga masyarakat dapat beratisipasi secara langsung untuk memajukan wilayahnya, dan juga hal ini dapat memajukan potensi potensi lainnya seperti halnya pengembangan UMKM, pendidikan, dan lain-lain.

b. Untuk membangun sebuah kawasan, proses kerja sama menjadi sebuah hal yang penting. Kelurahan bisa bekerja sama dengan pihak luar yaitu Dinas Pariwisata Kota Surabaya untuk bisa mempromosikan kawasannya agar lebih dilihat masyarakat.

3. Pelaksanaan

Baca juga : Implementasi Restrukurisasi Capai 90 Persen, WSBP Perkuat Fundamental Keuagan

Dalam pelaksanaan menjadi desa wisata tentunya harus memiliki berbagai acara yang beragam agar tidak terksan monoton. Di Kelurahan Made meiliki beberapa acara yang dapat menarik wisatawan yang hendak datang ke wilayah tersebut.

a. Terdapat acara shalawatan akbar yang dilangsungkan tidak jauh dari acara sedekah bumi dilaksanakan.

b. Terdapat acara bazaar makanan yang dapat menarik wisatawan untuk kuliner.

4. Pengawasan

Untuk mewujudkan keberlangsungan acara yang aman, damai  dan tentram, kelurahan mengerahkan sejumlah aparat keamanan seperti Polsel dan Satpol PP.

Analisis Menurut Teori George R Terry

 George R. Terry (1961) mengatakan, ada emat (4) fungsi manajemen, yaitu Planning, Organizing, Actuating, Controlling. Mengacu pada teori Terry, Kelurahan Made sudah menjalankankannya dengan dengan baik. Dari fungsi yang pertama yaitu Planning (perencanaan) hingga fungsi terakhir yaitu (Controlling)

1. Planning (Perencanaan)

Baca juga : BPJamsostek Kelapa Gading Lindungi Seluruh Pengurus Masjid di Kepulauan Seribu

Kelurahan Made sudah mempersiapkan berbagai upaya pengembangan wilayah mulai dari kualitas hingga kuantitasnya. Seperti halnya membangun kualitas SDM warga sekitar dan meningkatkan lendidikan. Selain itu, dalam tahap perancangan juga Kelurahan Made telah membuat rancagan rancangan jangka panjang untuk ke depannya terkhusus tentang potensi kelurahan wisata yang ada di wilayahnya tersebut.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Dalam fungsi pengorganisasian, penulis hanya menemukan keterlibatan masyarakat dalam acara tersebut. Ketika acara berlangsung, pemerintah setempat bekerja sama dengan masyarakat untuk memeriahkan acara tersebut seperti halnya membuka stand makanan (kuliner) yang berfungsi juga guna meningkatkan UMKM. Namun, di sisi lain penulis belum menemukan pihak luar yang menjadi mitra dari Kelurahan Made. Padahal, dengan adanya mitra mitra tersebut dapat meningkatkan potensi kawasan wisata yang lebih berkembang pesat.

3. Actuating (Pelaksanaan)

Untuk menarik wisatawan yang hendak berkunjung ke wilayah tersebut, Kelurahan Made memiliki beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara rutih setia tahunnya diantaranya sentra kuliner, shalawat akbar, dan yang asti tradisi sedekah bumi. Acara ini dilaksanakan dngan perencanaan yang sangat matang dan terstruktur.

4. Controling (Pengawasan)

Pada saat pelaksanaan acara, Kelurahan Made bekerja sama dengan pihak keamanan setempat seperti halnya Polsek Made, dan Satpol PP yang berdinas di Kelurahan Made. Pengawasan ini meliputi ketertiban dan tindak kriminal seperti halnya pencegahan maling motor.

Ferdinand Esa Ramadhan
Ferdinand Esa Ramadhan
Ferdinand Esa Ramadhan / mahasiswa Administrasi Publik/Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.