Dark/Light Mode

ISEI Optimis, Ekonomi Tahun Depan Membaik

Jumat, 24 Desember 2021 13:17 WIB
Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI Perry Warjiyo (Foto: Instagram)
Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI Perry Warjiyo (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi DKI Jakarta Mochammad Abbas menyampaikan, perekonomian DKI di tahun 2022 diproyeksikan akan lebih membaik dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Menurutnya, ada beberapa strategi agar pemulihan ekonomi di DKI Jakarta dapat dipercepat. Antara lain memastikan kebutuhan pangan, mengembangkan UMKM dan ekonomi kreatif, menggerakkan sektor riil, menciptakan lapangan kerja sekaligus mengurangi tingkat pengangguran, dan menjaga iklim investasi.

Baca juga : Faik Optimis Kondisi AP I Tahun Depan Membaik

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko menyampaikan, ada dua sektor yang menarik dan terus meningkat pertumbuhannya. Serta berpeluang untuk terus mendorong perekonomian DKI Jakarta.

Yakni sektor transportasi dan perdagangan, serta informasi dan komunikasi. Kenaikan sektor usaha ini sejalan dengan kenaikan bisnis e-commerce di tengah meningkatnya digitalisasi, termasuk digitalisasi UMKM.

Baca juga : Survei BI: Optimisme Konsumen Terhadap Ekonomi Menguat

Senada dengan hal itu, Winang Budoyo, Chief Economist Bank BTN, menyampaikan perlunya upaya untuk menciptakan UMKM-UMKM baru.

Upaya ini dilakukan antara lain dengan kerja sama dengan perguruan tinggi dan organisasi masyarakat dalam program penciptaan UMKM , pendampingan bagi UMKM baru, dan dukungan pembiayaan UMKM.

Baca juga : Survei IPO: Di Bidang Ekonomi, Kinerja Kementerian BUMN Terbaik

Kegiatan webinar ini diharapkan dapat memberikan insight positif bagi seluruh peserta, mencermati peluang dan tantangan perekonomian tahun 2022, serta mempersiapkan strategi terbaik menyambut tahun 2022 guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.