Dark/Light Mode

Dukung Keuangan Berkelanjutan, CIMB Niaga Beberkan 5 Pilar Strategi

Selasa, 1 Februari 2022 16:43 WIB
Foto: Dok. Bank CIMB Niaga
Foto: Dok. Bank CIMB Niaga

 Sebelumnya 
Pertumbuhan tersebut difasilitasi melalui beberapa produk/program pembiayaan berkelanjutan yang telah diluncurkan oleh CIMB Niaga, seperti Green Mortgage, Sustainable Linked-Loan/Financing, Sustainable Financing Program, pembiayaan motor listrik melalui Motor X-TRA, dan Solar Panel Program.

Selain produk, CIMB Niaga juga memberikan bantuan bagi nasabah yang membutuhkan, seperti saat pandemi melalui relaksasi dan restrukturisasi kredit bagi nasabah terdampak.

Fransiska mengatakan, untuk meningkatkan pemahaman/awareness dari para nasabah, CIMB Niaga juga aktif melakukan sosialisasi dan diskusi kepada calon dan/atau nasabah serta pemangku kepentingan lainnya mengenai sustainability dan green/sustainable finance.

Baca juga : John Riady Dukung Ketahanan Sistem Kesehatan Tingkat Global

Adapun untuk meminimalisir dampak negatif, CIMB Niaga melakukan Uji Tuntas Keberlanjutan (Sustainability Due Diligence) yaitu mengidentifikasi proposal pembiayaan pada sektor dengan risiko keberlanjutan tinggi dan mengidentifikasi isu sosial dan/atau lingkungan dari proposal pembiayaan tersebut.

Proses identifikasi tersebut dilakukan dengan bantuan beberapa perangkat, yaitu Kebijakan dan Prosedur Keuangan Berkelanjutan, Daftar Sektor Industri dengan Risiko Keberlanjutan Tinggi, dan Panduan Sektor (sector guidance).

Selain itu, CIMB Niaga juga memonitor risiko keberlanjutan dari portofolio keberlanjutannya. Uji Tuntas Keberlanjutan menjadi salah satu cara CIMB Niaga untuk meminimalkan risiko keberlanjutan dari aktivitas pembiayaannya, sekaligus juga sebagai sarana untuk mengajak nasabah untuk meningkatkan kinerja keberlanjutannya terutama bagi nasabah yang kegiatan usahanya dianggap memiliki risiko keberlanjutan tinggi.

Baca juga : Orang Tua Tenang Anak Ikut PTM Jika Ventilasi Di Sekolah Baik

Melalui Panduan Sektor, CIMB Niaga menetapkan standar keberlanjutan minimum yang harus dipenuhi oleh nasabah. Panduan Sektor yang telah dimiliki CIMB Niaga yaitu untuk sektor perkebunan kelapa sawit, batubara, kehutanan, minyak dan gas bumi, serta infrastruktur, perumahan dan konstruksi.

“Kami memonitor dan mengevaluasi risiko pada level sektor industri dan portofolio, mengelola eksposur pembiayaan agar sejalan dengan target Net Zero 2050 dari CIMB Group,” kata Fransiska.

Lebih lanjut Fransiska mengatakan pilar strategi keberlanjutan yang ketiga, yaitu Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Pilar keempat, Tata Kelola dan Risiko (Governance and Risk).

Baca juga : Dukung Penyedia Layanan Internet, TP-Link Luncurkan Aginet

Hal ini diimplementasikan antara lain melalui penetapan visi dan misi keuangan berkelanjutan, penunjukan direktur dan pembentukan unit kerja yang bertanggung jawab atas penerapan keberlanjutan di CIMB Niaga, penyesuaian kebijakan internal untuk mengadopsi prinsip keberlanjutan serta mempertimbangkan aspek keberlanjutan pada risk appetite CIMB Niaga.

"Terkait risiko, CIMB Group, termasuk CIMB Niaga, telah berkomitmen untuk tidak lagi membiayai sektor batu bara pada 2040," ujarnya. 

Adapun pilar kelima yaitu Keterlibatan dan Advokasi Pemangku Kepentingan (Stakeholder Engagement and Advocacy) yang bertujuan untuk meningkatkan awareness dan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mengimplementasikan sustainability. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.