Dark/Light Mode

PLN Teken Kerja Sama Dengan PTBA Dan KAI, Amankan 20 Juta Ton Batubara

Rabu, 16 Februari 2022 19:59 WIB
Kiri ke kanan: Direktur Pengembangan Usaha PTBA Rafli Yandra,  Direktur Energi Primer PLN Hartanto Wibowo, dan Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah. (Foto : Humas PLN)
Kiri ke kanan: Direktur Pengembangan Usaha PTBA Rafli Yandra, Direktur Energi Primer PLN Hartanto Wibowo, dan Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah. (Foto : Humas PLN)

 Sebelumnya 
Keterlibatan KAI sebagai bentuk nyata dalam turut serta menjaga ketahanan energi melalui angkutan kereta api yang dapat diandalkan.

Angkutan barang menggunakan Kereta Api memiliki berbagai keunggulan seperti aman, tepat waktu, serta ramah lingkungan.

Baca juga : Parkir Sembarangan, 159 Kendaraan Di Jakarta Utara Diderek

Batubara sendiri merupakan komoditi dengan volume paling besar dalam angkutan KAI, di mana pada tahun 2021 jumlahnya mencapai 76 persen dari keseluruhan angkutan barang KAI.

"HoA ini merupakan suatu terobosan serta langkah yang baik dan diharapkan dapat terselenggara secepatnya dengan mengedepankan Good Corporate Governance (GCG). Ke depan KAI juga akan mempersiapkan investasi khusus untuk project ini," ujar Dadan.

Baca juga : KPK Sita Dokumen Terkait Dugaan Korupsi Kerja Sama Pengolahan Anoda Logam Antam-Loco Montrado

Sebagai informasi, PTBA dan KAI bukan nama asing pada proses penyediaan batu bara untuk pembangkit-pembangkit PLN.

Kerja sama dengan kedua BUMN ini telah dilakukan sejak tahun 1980-an.

Baca juga : DPR Dan Kementan Bantu Petani Basmi Hama Tikus

Sinergi PLN, PTBA dan KAI untuk memastikan rantai pasok batu bara, merupakan wujud nyata dari peran BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui keandalan dan kontinuitas penyediaan energi listrik bagi seluruh masyarakat.

Sinergi ini juga diharapkan akan menjadi peluang yang baik bagi semua pihak untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kontribusi serta memperkuat peran BUMN sebagai penggerak ekonomi di Indonesia. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.