Dark/Light Mode

Kualitas Terus Turun, Koperasi Produsen Gayo Highland Di Aceh Curhat Ke Menteri Teten

Jumat, 25 Februari 2022 21:06 WIB
Menteri Teten (kanan) di Gudang Proccessing Kopi milik Koperasi Produsen Gayo Highland, di Aceh Tengah, DI Aceh. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menteri Teten (kanan) di Gudang Proccessing Kopi milik Koperasi Produsen Gayo Highland, di Aceh Tengah, DI Aceh. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Kedua, sambungnya, koperasi-koperasi petani kopi (primer) yang ada di Aceh Tengah, bergabung menjadi satu membentuk satu koperasi sekunder. "Dengan begitu, produk kopi asal Aceh Tengah memiliki satu pintu untuk masuk pasar ekspor," kata dia.

Dengan begitu, Teten berharap kualitas dan produktivitas kopi asal Aceh Tengah terus ditingkatkan. Ia mencontohkan Vietnam, menjadi negara yang mampu memproduksi kopi sebanyak 2 ton per hektar, dengan kualitas bagus.

Baca juga : KPK Panggil Tersangka Korupsi Proyek Jalan Di Buru Selatan

"Kami akan terus mendukung upaya untuk meningkatkan kualitas produk dan konsolidasi produk kopi," ujar Menteri Teten.

Dalam memperkuat permodalan koperasi tersebut, Menteri Teten memberikan solusi untuk memanfaatkan dana bergulir dari LPDB-KUMKM, yang bunganya super murah.

Baca juga : Puan Galak Ke Menaker

Tujuannya, agar koperasi bisa memiliki kemampuan untuk membeli produk langsung dari petani. Termasuk dalam pengadaan Rumah Produksi Bersama.

"Sedangkan untuk onfarm-nya, yakni para petaninya, bisa memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kluster," tegas Menkop UKM.

Baca juga : BOR Nasional Tembus 26,3 Persen, Pasien Covid Di RS Masih Terkendali

Tak hanya itu, Menteri Teten mengusulkan agar petani di Aceh Tengah mampu mengkombinasikan lahan untuk menanam kopi dan juga pisang. Dalam arti, ada substitusi musim tanam dan panen, antara kopi dengan pisang.

"Hasil kajian FAO menyebutkan bahwa pola tumpang-sari seperti itu, antara kopi dan pisang, mampu meningkatkan pendapatan petani atau berpendapatan jauh lebih baik ketimbang hanya menanam satu jenis tanaman saja," ujar Teten. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.