Dark/Light Mode

Pedagang Daging Batal Mogok

Kasihan, Sama Tukang Bakso Dan Emak-emak

Selasa, 1 Maret 2022 08:20 WIB
Pedagang daging melayani pembeli di PD Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta, Minggu, 27 Februari 2022. Harga daging sapi meningkat mencapai Rp150 ribu per kilogram daripada sebelumnya Rp90 ribu per kilogram. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Pedagang daging melayani pembeli di PD Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta, Minggu, 27 Februari 2022. Harga daging sapi meningkat mencapai Rp150 ribu per kilogram daripada sebelumnya Rp90 ribu per kilogram. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

 Sebelumnya 
“Harganya tinggi dan volume ekspor Australia untuk sapi potong menurun karena populasinya juga turun,” katanya.

Menurut dia, momen Ramadan dan Lebaran tahun ini diprediksi tidak akan memberi peluang besar bagi importir sapi dan pedagang daging sapi meraup untung.

Kendati begitu, kata Juan, permintaan pada periode ini biasanya tertinggi dalam setahun. Diharapkan, dapat menghasilkan keuntungan signifikan dan menyokong arus modal.

Baca juga : Olahraga Bareng Komengsong, Saleh Husin: Kocak Dan Seru

Sebelumnya, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nasrullah menduga, ada pihak yang memainkan harga daging.

Menurutnya, kenaikan harga itu seharusnya tidak terjadi lantaran ketersediaan daging yang relatif aman hingga Mei 2022 atau saat Ramadan dan Idul Fitri nanti.

“Melihat data stok daging, mestinya saat ini tidak ada kenaikan harga daging sapi,” ujarnya.

Baca juga : Pemerintah Masih Mikir-mikir Lakukan Vaksinasi Dosis Keempat

Berdasarkan data Kementan, ketersediaan daging sapi atau kerbau Februari hingga Mei 2022 sebanyak 240.948,5 ton. Sedangkan kebutuhan sebanyak 238.211,8 ton, sehingga masih ada surplus 2.736,7 ton.

Nasrullah mengatakan, komposisi ketersediaan daging tersebut terdiri dari produksi sapi, atau kerbau lokal sebanyak 564.360 ekor, atau setara daging 101.596,0 ton.

Lalu, sapi bakalan impor siap potong sebanyak 174.264 ekor atau setara daging 33.404,7 ton. Dan daging sapi atau kerbau beku impor sebanyak 105.947,8 ton.

Baca juga : Kalau Masih Impor, Nggak Akan Bisa Kendalikan Harga

“Artinya, ketersediaan daging sapi atau kerbau hingga bulan Mei tercukupi,” pungkasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.