Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Optimalkan UMKM Pasuruan, HCML Promosikan Cafe Laut Semare

Kamis, 19 Mei 2022 21:44 WIB
Foto: Dok. HCML
Foto: Dok. HCML

RM.id  Rakyat Merdeka - Bicara wisata di Kabupaten Pasuruan, tak melulu soal suasana pegunungan. Menikmati semilir angin dan deburan ombak bisa jadi alternatif melepas lelah.

Tepat rasanya memanjakan lidah dengan sajian menggiurkan di Cafe Laut Semare. Pikiran bisa segar sekaligus perut kenyang.

Tempat makan dan kongkow yang berlokasi di Desa Semare, Kecamatan Kraton ini menawarkan beragam menu sari laut (seafood). Mulai dari ikan, udang, cumi, dan masih banyak lagi.

Uniknya, cafe yang merupakan binaan Husky CNOOC Madura Limited (HCML) ini menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat. Mulai dari penyediaan stok bahan baku hingga pengelolaan dijalankan dengan melibatkan masyakat sekitar.

Baca juga : Korut Umumkan 21 Kasus Kematian Baru Akibat Demam

Specialist Relations, Ali Aliyudin menjelaskan Cafe Laut Semare yang dibuka pada 29 Agustus 2019 ini merupakan salah satu dampingan dari HCML untuk program pengembangan masyarakat.

Cafe yang diinisiasi Kepala Desa Semare sebelumnya, Yazid Abdi ini membawa semangat untuk menjadi tujuan wisata lokal yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Sebelum pandemi, orang mendirikan warkop sudah banyak. Akhirnya tercetus ide membuat kafe dengan mengangkat kekhasan yaitu terletak di pesisir dan berdiri di atas laut," ujar Ali saat pameran UMKM pra-Forum Kapasitas Nasional 2022 di Hotel Shangri La, Surabaya, Rabu (18/5).

Tak hanya itu, HCML membantu penyediaan pelatihan bagi kelompok sadar wisata (pokdarwis). Juga memfasilitasi peningkatan kapasitas manajerial di tim manajemen Cafe Laut Semare.

Baca juga : Optimalkan Tol Laut, PTPN Group Distribusikan MigorĀ  Ke Wilayah Timur Indonesia

"Kami juga memfasilitasi pelatihan peningkatan SDM, seperti pelatihan manajemen dan keuangan," ujar Ali.

Selain itu, HCML juga membawa Cafe Laut Semare sebagai binaan potensial untuk mempromosikan produk dalam ajang pameran tingkat nasional. Termasuk melakukan pendampingan bagi para mitra binaan untuk mengembangkan usaha mereka.

"HCML gencar mempromosikan bahwa ada Cafe Laut di Kabupaten Pasuruan melalui event-event (pameran) seperti ini yang difasilitasi HCML. Tak hanya materi, tapi juga non-materi. Itu upaya HCML untuk mengangkat Cafe Laut Semare," ujarnya.

Menurut Ali, Cafe Laut Semare memiliki sisi otentik dari letak geografisnya. Hal itu menjadi nilai tawar baru bagi pariwisata di Kabupaten Pasuruan.

Baca juga : Blusukan Ke Pasar Induk Kramat Jati, Anies Pastikan Stok Pangan Aman

Selama ini, pariwisata Kabupaten Pasuruan kerap diidentikkan dengan suasana pegunungan. Padahal, kabupaten ini juga punya garis pantai yang cantik.

Karena alasan itulah, Ali menyatakan pihaknya gencar mempromosikan Cafe Laut Semare sebagai alternatif destinasi wisata di pesisir laut. Meski untuk saat ini, pihaknya masih menyasar wisatawan lokal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.