Dark/Light Mode

Optimalkan UMKM Pasuruan, HCML Promosikan Cafe Laut Semare

Kamis, 19 Mei 2022 21:44 WIB
Foto: Dok. HCML
Foto: Dok. HCML

 Sebelumnya 
"Jadi teman-teman Cafe Laut Semare ini inginnya berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Pasuruan. Tak hanya naik gunung, sekarang turun gunung," katanya.

Kepala Unit Cafe Laut Semare Pasuruan, Abdul Rohman, mengaku sangat terbantu dengan program pemberdayaan masyarakat dari HCML.

Baca juga : Korut Umumkan 21 Kasus Kematian Baru Akibat Demam

Dia menyebut ekonomi warga sekitar Desa Semare terangkat berkat pendampingan HCML.

"Dengan adanya Cafe Laut Semare ini kita dapat mengangkat ekonomi bagi warga sekitar, khususnya. Banyak pengangguran di desa yang terangkat dengan adanya Cafe Laut Semare yang didampingi oleh HCML," katanya.

Baca juga : Optimalkan Tol Laut, PTPN Group Distribusikan Migor  Ke Wilayah Timur Indonesia

Saat ini, Cafe Laut Semare memiliki 26 pegawai yang semuanya warga lokal. Kerennya, cafe ini juga menampung pelaku UMKM dengan menyediakan lapak khusus.

Sejauh ini, ada sembilan lapak UMKM yang menyediakan produk pangan berbasis sari laut. Ini tentu memudahkan pengunjung yang ingin mencari oleh-oleh setelah bersantai di Cafe Laut Semare.

Baca juga : Blusukan Ke Pasar Induk Kramat Jati, Anies Pastikan Stok Pangan Aman

"Warung jualannya kuliner ada, khas cemilan ada, khas desa. Jenis laut ada kepiting, ikan laut, bakar ikan laut. Semuanya dari nelayan sekitar, pokoknya yang jenis laut lah," pungkas Rohman.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.