Dark/Light Mode

Revitalisasi Terminal Giwangan, Yogyakarta

BKS: Setiap Rupiah Yang Dikeluarkan Buat Rakyat

Senin, 30 Mei 2022 06:50 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi segera melakukan revitalisasi Terminal Tipe A Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. (Foto : Dok. Kementerian Perhubungan).
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi segera melakukan revitalisasi Terminal Tipe A Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. (Foto : Dok. Kementerian Perhubungan).

 Sebelumnya 
“Kami siap berkolaborasi agar terminal ini menjadi simpul transportasi utama pergerakan masyarakat dari dan ke Yogya­karta. Juga menjadi salah satu kunci dari kemajuan sektor pariwisata,” katanya.

Sumadi siap mendukung revi­talisasi yang akan dilakukan di Terminal Giwangan. Pihaknya akan berkolaborasi secara inten­sif dengan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Baca juga : Kapolri Bangun Ruang Demokrasi Buat Warga

“Kami akan integrasikan ang­garan yang berkaitan dengan perawatan dan rehabilitasi ter­minal,” ujarnya.

Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pengelolaan Terminal Tipe Ayang sebelum­nya dilakukan oleh Pemerintah Daerah, diserahkan ke Pemerintah Pusat, dalam hal ini Ditjen Per­hubungan Darat Kemenhub.

Baca juga : Penumpang Transjakarta Tetap Wajib Masker

Untuk itu, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat melaku­kan revitalisasi sejumlah Terminal Tipe Adi berbagai daerah.

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan angkutan jalan dengan fasilitas dan bangunan layaknya bandara. Terminal Giwangan menjadi salah satu proyek percontohan revitalisasi yang dilakukan.

Baca juga : Ketua PBNU: Bisa Saja Dia Khilaf, Yang Penting Harus Lebih Hati-hati

Melalui revitalisasi ini, termi­nal bus bukan hanya sebagai tem­pat naik turun penumpang. Tapi juga memiliki fungsi lain (mixed use), yaitu menggabungkannya dengan kegiatan perkantoran (working space), tempat ting­gal, hotel, pusat perbelanjaan, pusat pelayanan masyarakat, dan terintegrasi dengan moda transportasi lain. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.