Dark/Light Mode

Imbas Perang Rusia Vs Ukraina

Kasihan Petani, Kini Cuma Dapat Subsidi 2 Jenis Pupuk

Sabtu, 16 Juli 2022 06:30 WIB
Ilustrasi Pupuk Subsidi. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi Pupuk Subsidi. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Sementara untuk penyaluran, pupuk bersubsidi tetap didistri­busikan melalui kios pengecer kepada petani yang mengguna­kan Kartu Tani.

Proses transaksi bisa dilaku­kan melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) dan/atau aplikasi digital. Kalau di daerah belum tersedia Kartu Tani, pe­nyaluran dapat menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca juga : Dunia Berutang Budi Ke Jokowi

Sebelumnya, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Muhammad Firdaus menegas­kan, kebijakan pupuk subsidi perlu penyempurnaan.

“Alternatif pupuk seperti pu­puk organik, perlu mendapat perhatian lebih serius. Pupuk jenis ini perlu mendapatkan sub­sidi ke depannya,” tutur Firdaus dalam keterangan resminya.

Baca juga : Jokowi Layak Dapat Nobel

Dalam konteks penguatan ketahanan pangan, menurutnya, pupuk perlu disubsidi dalam jangka pendek. Petani pun juga harus difasilitasi akses kredit.

Secara bertahap, perlu pengalihan anggaran subsidi pupuk ke instrumen lain. Misalnya, subsidi harga pangan pokok, direct income dan mendukung subsistem agribisnis, irigasi pertanian, asuransi pertanian dan lain sebagainya.

Baca juga : Relawan Ganjarist Usul Jokowi Dapat Nobel Perdamaian

Firdaus juga merekomen­dasikan agar Pemerintah lebih mendorong dan memfasilitasi upaya untuk memanfaatkan mik­roorganisme sebagai alternatif penyedia unsur hara.

“Ini juga dapat membantu mengendalikan organisme peng­ganggu tanaman, dan mengurangi penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan,” pungkasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.