Dark/Light Mode

PLN UIP Jawa Bagian Barat Sukses Gelar First Coal Firing And Synchronization Di PLTU Lontar Extension

Rabu, 3 Agustus 2022 10:58 WIB
Foto: PLN UIP Jawa Bagian Barat
Foto: PLN UIP Jawa Bagian Barat

 Sebelumnya 
Ia menilai, pembangunan PLTU Lontar Extension ini memang sangat krusial dalam memberikan suplai listrik terbaik untuk menyokong seluruh lini kegiatan terutama di DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya.

Sebab, wilayah tersebut memiliki potensi pertumbuhan ekonomi, bisnis dan industri yang kini kembali menggeliat pasca pandemi.

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Operasikan GI Full Digital Pertama Di Indonesia

“Saat ini, listrik merupakan kebutuhan primer yang harus terpenuhi, sehingga kita harus terus bergerak untuk menyediakan pasokan listrik yang andal bagi masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, tercapainya tahapan milestone ini akan memperkuat subsistem Balaraja 3,4 – Kembangan 1,2. Sehingga, PLTU Lontar akan mengoptimalkan sistem kelistrikan di DKI Jakarta dan Banten dengan menyuplai daya sebesar 30 persen dari kapasitas maksimal sebesar 315 MW, atau sekitar 94,5 MW ke sistem Jawa – Bali.

Baca juga : Program TJSL, PLN UIP Jawa Bagian Barat Buka Lagi Toko Kue Milik Fingertalk

PLTU Lontar Extension ini, menurutnya akan menambah kapasitas daya sebesar 315 MW untuk menyuplai kelistrikan, khususnya pada daerah industri di Kabupaten Tangerang dan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang.

Ia berharap, pembangunan PLTU Lontar Extension ini juga memiliki dampak positif dalam membuka lapangan kerja baru. Sejauh ini, proyek PLTU Lontar Extension telah menyerap sekitar 2.000 tenaga kerja lokal.

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Pendataan Awal Pembangunan Transmisi SUTT Tigaraksa

"Setelah First Coal Firing & Synchronization, selanjutnya dilakukan beberapa tahapan pengujian dan commissioning lanjutan hingga tercapai beban 315 MW. Jadi, rencananya beroperasi secara komersial (COD/commercial operational date) pada Desember 2022,” pungkas Octavianus. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.