Dark/Light Mode

Ini Peran Besar BUMN Di Balik Pertumbuhan Ekonomi Nasional 5,44 Persen

Senin, 8 Agustus 2022 07:55 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Mantan Presiden Inter Milan itu melanjutkan, PNM juga memiliki Program Mekaar sebagai fasilitas pemberdayaan UMKM Perempuan, yang telah mampu menciptakan lapangan kerja. Setidaknya, bagi 12,7 juta ibu-ibu di tahun 2021 di berbagai wilayah, dan akan terus didorong hingga mencapai 20 juta nasabah pada tahun 2024.

Program Makmur Pupuk Indonesia yang merupakan pendampingan budidaya tani melalui ekosistem terintegrasi untuk pemberdayaan petani, kini telah mencapai 148.127 hektare (Ha) lahan bersama 117.995 petani.

"Padi UMKM sebagai jembatan untuk mempertemukan UMKM ke dalam ekosistem pengadaan BUMN telah mencapai total nilai transaksi Rp 18 triliun bersama 12.960 UMKM per Triwulan II 2022," beber Erick.

BUMN juga turut berkontribusi mencapai target inklusi keuangan nasional sebesar 90 persen pada tahun 2024, melalui Pendirian Holding Ultra Mikro (UMi).

Baca juga : Airlangga Yakin, Doa Ulama Bisa Bikin Ekonomi RI Tumbuh Stabil 5,2 Persen

Kontribusi Holding UMi untuk mencapai target tersebut telah mencapai 70 persen.

Erick menerangkan, pada awal pendirian Holding UMi, dengan optimalisasi nasabah kelolaan PNM - Pegadaian dan potensi 30 juta nasabah yang selama ini belum terlayani, Holding UMi mampu menambah nasabah baru hingga 55 juta orang.

"Sehingga nantinya, pada tahun 2024, total 121,6 juta nasabah atau 70 persen inklusi keuangan nasional, akan terlayani oleh Holding UMI," ucap Erick, yang juva Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tersebut.

Erick juga menjelaskan, program BUMN juga menjadi penggerak ekonomi desa, yang akan berdampak signifikan terhadap kelangsungan energi di daerah. Sekaligus penyerapan tenaga kerja. Terutama, oleh pengusaha menengah dan pengusaha daerah.

Baca juga : Telkom Dorong Akselerasi Pertumbuhan Blue Economy

Pertamina, misalnya. Sebagai BUMN yang memiliki mandat untuk menyediakan BBM dan LPG ke seluruh pelosok negeri termasuk di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar), Pertamina telah melaksanakan dua program.

Yaitu Pertashop yang saat ini siap dan telah beroperasi mencapai 5.536 unit, dan BBM Satu Harga mencapai 348 titik yang tersebar di wilayah 3 T di seluruh Indonesia.

PLN, melalui Program Listrik Masuk Desa berhasil menyalurkan listrik. Sehingga, rasio desa berlistrik di Indonesia saat ini telah mencapai 99,7 persen.

"Proyek dan program BUMN yang hadir di tengah pandemi, mempunyai dampak positif dalam menjaga daya beli dan meningkatkan aktivitas belanja masyarakat. Hasilnya, konsumsi rumah tangga terus meningkat dari -5,52 persen yoy di Triwulan II 2020 menjadi 5,51 persen yoy di Triwulan II 2022," ujar dia.

Baca juga : Polda Metro Dan Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Ekspor Biji Kokain

Selain itu, BUMN juga berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian lewat peran penting BUMN di beberapa sektor ekonomi.

Sebagai contoh, transportasi dan pergudangan tumbuh 21,27 persen yoy pada Triwulan II 2022. Peningkatan ini juga merupakan kontribusi dan sukses dari BUMN di klaster logistik, pelonggaran mobilitas, dan daya beli yang terjaga. Sehingga, mendorong akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.