Dark/Light Mode

Ini Peran Besar BUMN Di Balik Pertumbuhan Ekonomi Nasional 5,44 Persen

Senin, 8 Agustus 2022 07:55 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Erick menilai, mobilitas masyarakat di sepanjang Triwulan II 2022 meningkat pesat. Utamanya, didorong oleh pelonggaran syarat perjalanan serta momen Hari Raya Idul Fitri. Kala itu, jumlah penumpang di seluruh moda transportasi mengalami peningkatan.

Sepanjang Januari-Juni 2022, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 18,15 juta orang. Atau naik hampir 100 persen, dibanding tahun lalu yang hanya 9,1 juta orang.

Erick mengatakan, salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan adalah suksesnya Kementerian BUMN, dalam melaksanakan program Mudik Bersama.

"BUMN dipastikan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, untuk menjaga kelancaran perjalanan," ujar Erick.

Baca juga : Airlangga Yakin, Doa Ulama Bisa Bikin Ekonomi RI Tumbuh Stabil 5,2 Persen

Dia pun mencontohkan upaya ekstra yang dilakukan BUMN Klaster Logistik, seperti PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang memaksimalkan operasional 59 terminal penumpang dan meningkatkan akurasi informasi jadwal kapal, untuk memastikan tidak adanya penumpukan penumpang.

Begitu pula PT Kereta Api Indonesia (Persero), yang menyiagakan 459 lokomotif untuk memastikan tidak ada gerbong yang kurang.

Sementara PT Jasa Marga (Persero) Tbk, juga memastikan adanya alat berat dan persiapan lainnya di setiap ruas jalan tol. Agar bisa segera melakukan perbaikan jalan tol.

Kemudian, ada PT Angkasa Pura II yang mengaktifkan kembali Sub Terminal 1A untuk mendukung peningkatan operasional dan pelayanan di bandara. Khusus untuk mengantisipasi pelonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Telkom Dorong Akselerasi Pertumbuhan Blue Economy

"Pertamina juga memastikan pemenuhan BBM selama arus mudik dan arus balik, dengan menyediakan layanan tambahan layanan SPBU Siaga di sepanjang ruas tol," imbuh Erick.

Sementara itu, Pertamedika IHC menyediakan pengecekan kesehatan termasuk ambulans yang stand by di lokasi tertentu.

Berbagai layanan BUMN tersebut, ditujukan untuk meningkatkan confidence level masyarakat untuk melakukan mudik, yang dapat menggerakkan perekonomian.

Sejalan dengan hal tersebut, Erick sampaikan, kinerja Klaster Logistik BUMN menunjukan adanya perbaikan pada Triwulan II 2022. Dengan laba bersih yang meningkat hampir dua kali lipat secara yoy.

Baca juga : Polda Metro Dan Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Ekspor Biji Kokain

Kementerian BUMN memprediksi, klaster logistik akan tetap menunjukan kinerja positif, seiring meningkatnya mobilitas masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.