Dark/Light Mode

Hadirkan Produk Inovatif Di TIFF 2022

PKT Dukung Tomohon Jadi Sentra Industri Florikultura

Senin, 15 Agustus 2022 21:32 WIB
Foto: Dok. PKT
Foto: Dok. PKT

 Sebelumnya 
Sementara itu, Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, mengapresiasi kontribusi seluruh pihak dalam mensukseskan TIFF 2022.

Ia menilai, kegiatan ini dapat menjadi titik balik bagi masyarakat dalam hal pemulihan ekonomi, sekaligus mendorong potensi lokal dari pertanian bunga yang dikembangkan para petani.

Baca juga : Mind ID Dorong Teknologi Industri Pertambangan

"Seluruh bunga pada TIFF 2022 merupakan hasil petani Tomohon, sebagai salah satu komoditas unggulan daerah," ujar Caroll.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap, kegiatan ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara, khususnya sektor pertanian. Mengingat sebelumnya, wilayah ini ditopang sektor pariwisata.

Baca juga : USAID Cs Kucurkan Investasi Rp 103 M, Dukung Industri Kakao

"Peningkatan produktivitas ini menjadi salah satu perhatian Pemerintah ke depan, karena kontribusinya yang signifikan terhadap perekonomian daerah," ujarnya. 

Saat ini, komoditas hasil pertanian turut mendorong laju ekonomi Sulawesi Utara yang mencapai 5,93 persen di triwulan II 2022, di atas target rata-rata nasional sebesar 5,44 persen.

Baca juga : Mandiri Festival Properti Indonesia 2022 Suguhkan Segudang Promo Menarik

Untuk itu, jika dua sektor ini terus dioptimalkan dalam jangka panjang, ia yakin tingkat kesejahteraan masyarakat akan tercapai dengan baik.

"Contohnya, dari kegiatan ini bisa kita hitung potensinya. Jika, satu bunga dihargai Rp 5.000 dan satu kendaraan hias butuh 5.000 bunga, berapa nilai ekonomi yang bisa diserap petani dari puluhan kendaraan yang berpartisipasi,"  tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.