Dark/Light Mode

Lawan Tengkulak, Uma Inovasi Selangit Kerek Ekonomi Petani Kopi

Kamis, 29 September 2022 05:49 WIB
Pertamina EP Pendopo Field melakukan pelatihan pengembangan kebun kopi organic, peningkatan kapasitas kelompok melalui pelatihan kelembagaan, dan memperluas pangsa pasar dengan membuka jaringan kemitraan.
Pertamina EP Pendopo Field melakukan pelatihan pengembangan kebun kopi organic, peningkatan kapasitas kelompok melalui pelatihan kelembagaan, dan memperluas pangsa pasar dengan membuka jaringan kemitraan.

 Sebelumnya 
Volume kopi yang dipasok oleh para petani dibawah koordinasi Uma Inovasi Selangit terus naik, mengikuti permintaan kopi dari para konsumen. Jika dulu paling banyak permintaan hanya 50 kg, kini rata-rata Uma Inovasi Selangit bisa menyerap biji kopi mencapai 500 kg setiap bulan.

Peningkatan produksi olahan kopi yang juga ikut mengerek permintaan kopi ke petani tentu tidak lepas dari peningkatan kualitas pengolahan kopi.

Nilai kopi Selangit jauh meningkat setelah Pertamina EP Pendopo Field, bagian dari Zona 4 Regional 1 Sumatera PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), ikut terlibat membina Uma Inovasi Selangit pada akhir 2018.

Baca juga : Sunarso: Selamatkan UMKM Berarti Pulihkan Ekonomi Indonesia

Saat itu, Pertamina EP Pendopo Field melakukan penguatan kelompok melalui pelatihan budidaya kopi dan pelatihan roasting class dan cuping.

Setahun kemudian, Pertamina EP Pendopo Field melakukan penguatan peralatan produksi kopi (alat rosting, giling seduh, dll) dan peningkatan kapasitas melalui pelatihan kelembagaan.

“Selain soft skill, Pertamina juga memberikan bantuan peralatan juga diberikan seperti alat sortir biji kopi, peralatan roasting kopi berkapasitas 15 kg, dan peralatan seduh kopi lengkap,” ujar Risela.

Baca juga : Gandeng MDI Venture, Pupuk Indonesia Dukung Ekonomi Digital Sektor Pertanian

Pada 2020, Pertamina EP Pendopo Field melakukan pelatihan pengembangan kebun kopi organic, peningkatan kapasitas kelompok melalui pelatihan kelembagaan, dan memperluas panhgsa pasar dengan membuka jaringan kemitraan.

Selain itu, Pertamina EP Pendopo Field jiuga melaksanakan program menyesuaikan kebijakan dari pandemic Covid 19.

Tahun lalu, Pertamina EP Pendopo Field melakukan inovasi produk menyesuaikan keberadaan pandemic COVID-19 dan penyediaan angkringan kopi keliling.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.