Dark/Light Mode

Perbaiki Salah Kelola PTPN Di Masa Lalu

Sugar Co Pede Bisa Swasembada Gula

Sabtu, 19 November 2022 07:30 WIB
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury. (Foto: Antara).
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Ia berharap, gula yang akan diproduksi menjadi bioetanol bisa dikerja samakan menjadi suplai yang akan di-branding oleh Pertamina, untuk bisa mengurangi produksi BBM dan kebutuhan minyak mentah.

“Kita harapkan, secara bertahap ini bisa dilakukan Pabrik Enero yang saat ini memproduksi sekitar 30 ribu kiloliter per bulan,” terangnya.

Sehingga ke depannya akan lebih banyak lagi kilang etanol yang bisa dibangun secara bertahap untuk meningkatkan ketahanan energi.

Baca juga : Presiden Siapkan 700 Ribu Hektare Lahan Untuk Dukung Swasembada Gula

Artinya, kata dia, keberadaan SugarCo tak hanya untuk mendongkrak produktivitas gula nasional, meningkatkan kesejahteraan petani tebu dan menjaga stabilitas harga gula petani. Tetapi menjadi produsen nioetanol, produk turunan dari tebu sebagai campuran bahan bakar minyak.

SugarCo mengelola 36 pabrik gula yang selama ini berada di bawah tujuh perusahaan PTPN dan dua cucu perusahaan.

Menurut Pahala, transformasi yang selama ini dilakukan PTPN III di klaster BUMN Perkebunan juga terus menunjukkan perkembangan yang baik.

Baca juga : STY Fokus Perbaiki Skill Dasar Skuad Garuda Muda

Hal ini terlihat dari total jumlah penjualan, yang sudah dibukukan sampai September tahun 2022 mencapai kurang lebih sekitar Rp 39 triliun.

Sedangkan jumlah profit yang diraih sebesar Rp 4,5 triliun. Atau naik 54 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, ada peningkatan produktivitas dan produksi gula di PTPN III, yang tahun ini sudah bisa mencapai 872 ribu ton.

Baca juga : Dukung UMKM Naik Kelas, APP Sinar Mas Bina Masyarakat Sekitar Perusahaan

“Jumlah ini meningkat dibandingkan yang dicapai tahun 2021, sebesar 768.000 ton,” pungkas Pahala. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.