Dark/Light Mode

Dorong UKM Tembus Rantai Pasok Global, Kemenkop UKM Gaet BUMN & Usaha Besar

Selasa, 22 November 2022 11:20 WIB
Ilustrasi UKM. (Dok. Istimewa)
Ilustrasi UKM. (Dok. Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menjalin kemitraan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Usaha Besar, guna mendorong kemajuan UKM, agar mampu menembus rantai pasok global.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan, Pemerintah terus berupaya menciptakan ekosistem yang kondusif bagi UKM guna meningkatkan partisipasi UKM dalam rantai produksi BUMN dan Usaha Besar.

Baca juga : Gaet Agregator, Kemenkop UKM Ajak ASN Belanja Produk UMKM

Hal ini sebagaimana yang diatur melalui Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja beserta turunannya PP 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, yang memberikan kesempatan untuk memperluas pasar melalui keterlibatan dalam sistem rantai pasok dengan perusahaan BUMN dan Usaha Besar.

“Melalui jaringan kemitraan antara BUMN dan Usaha Besar dengan UKM ini yang akan diselenggarakan di Exhibition Hall SMESCO pada Kamis (24/11) mendatang, diharapkan mampu mempercepat transformasi UKM masuk dalam rantai pasok global, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, jaminan kuantitas dan kontinyuitas, memberikan sosial benefit yang cukup tinggi serta meningkatkan ketahanan perekonomian nasional,” ucap Hanung dalam keterangannya, Selasa (22/11).

Baca juga : Ramaikan G20, Kemenkop UKM Siap Pamerkan Future SMEs Village Produk Indonesia

Dalam kemitraan tersebut, UKM akan mendapatkan beberapa manfaat. Mulai dari pendampingan dalam peningkatan keterampilan dan kapasitas, dukungan akses promosi dan perluasan pasar, penumbuhan jejaring kemitraan UKM, hingga jaminan standar dan kualitas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.