Dark/Light Mode

Genjot EBT Dan Hilirisasi

Bahlil Gandeng Erat Malaysia

Sabtu, 10 Juni 2023 06:45 WIB
Penguatan kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan enam Nota Kesepaha­man/Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia yang disaksikan Presi­den Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, di Malaysia, Kamis (8/6). (Foto: Kementerian Investasi/BKPM)
Penguatan kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan enam Nota Kesepaha­man/Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia yang disaksikan Presi­den Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, di Malaysia, Kamis (8/6). (Foto: Kementerian Investasi/BKPM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus memperkuat daya saing investasi Indonesia. Khususnya di sektor Energi Baru Terbarukan (EBT) dan hilirisasi di antara negara-negara kawasan ASEAN.

Salah satu strategi yang di­lakukan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yakni memperkuat hubungan kerja sama investasi dengan Malaysia.

Penguatan kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan enam Nota Kesepaha­man/Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia yang disaksikan Presi­den Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, di Malaysia, Kamis (8/6).

Baca juga : PKB Mau Gandeng Gerindra

Dalam sambutannya, Jokowi menyambut baik penandatanganan keenam MoU yang dilaku­kan kedua negara.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia semakin baik dan bisa memberi­kan dampak positif bagi masing-masing negara.

Jokowi juga menyambut baik penyelesaian negosiasi batas laut teritorial di Laut Sulawesi setelah 18 tahun proses negosiasi.

Baca juga : Gerindra Tunjuk Fauzi Baadila Dan Haris Rusly Moti Jadi Komandan Relawan Prabowo

“Saya menyambut baik pe­nyelesaian MoU Border Cross Agreement (BCA), Border Trade Agreement (BTA) dan juga Sertifikasi Halal. Terima kasih atas keramahtamahan dalam menyambut delegasi dari In­donesia,” ucap Jokowi dalam keterangan resmi Kementerian Investasi/BKPM, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Indonesia dan Malaysia juga me­neken MoU tentang penguatan Kerja Sama Promosi Investasi kedua negara.

Bahlil selaku perwakilan In­donesia yang menandatangani MoU tersebut. Sedangkan pihak Malaysia diwakili Menteri In­vestasi, Perdagangan dan In­dustri (MITI) Datuk Seri Utama Tengku Zafrul Aziz.

Baca juga : Penting! Pemahaman Digitalisasi Jadi Penunjang Kerja Tenaga Kesehatan

Bahlil mengatakan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Menteri Tengku Zahrul di Jakarta.

Sebelumnya, Bahlil sudah ber­temu dengan Menteri Investasi Malaysia di Kantor Kementerian In­vestasi di Jakarta pada 8 Mei lalu.

“Kami sepakat menyusun Nota Kesepahaman yang men­dorong peningkatan promosi investasi antara Indonesia dan Malaysia,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.