Dark/Light Mode

Kunker Ke Afrika, Ketemu Presiden Cyril Ramaphosa

Luhut Mau Datangkan Sapi Dan Kedelai Afsel

Kamis, 13 Juli 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melaku­kan pertemuan dengan Presiden Afsel Cyril Ramaphosa. (Foto: dok. Kemenko Marves)
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melaku­kan pertemuan dengan Presiden Afsel Cyril Ramaphosa. (Foto: dok. Kemenko Marves)

 Sebelumnya 
Luhut menjelaskan, hal terse­but mutlak dilakukan meng­ingat harga daging sapi yang semakin meningkat. Outlook dari Kementerian Pertanian juga mencatat bahwa Indonesia masih membutuhkan 40 persen komoditas tersebut.

Selain itu, kebutuhan tiga juta ton kedelai di dalam negeri harus dipenuhi.

Baca juga : Luhut Matangkan Rencana Impor Sapi Dan Kedelai Dari Afsel, Ini Alasannya...

“Inilah upaya kami untuk men­siasati tingginya kebutuhan akan kedua komoditas itu,” kata Luhut.

Lebih lanjut, dia mengata­kan, kunjungan ke Afsel juga dilakukan bersama Pertamina dan PLN. Kedua perseroan itu telah melakukan pembicaraan dengan mitra usaha di Afsel soal peluang memasok listrik ke Afsel menggunakan gas dari konsesi di Mozambik.

Baca juga : Imin Dipingit, Tapi Masih Keluyuran

“Kami juga tengah menja­lin relasi antara BUMN dengan pengusaha di Afsel yang fokus kepada pertambangan mineral kendaraan listrik, perdagangan B2B, keamanan energi, minyak dan gas hingga perubahan iklim,” ujar Luhut.

Menurutnya, kunjungan kerja ke Afrika juga dimotori oleh semangat berbagi pengalaman. Bagaimana industri hilirisasi mineral yang sedang didorong di dalam negeri menciptakan mul­tiplier effect terhadap pertum­buhan ekonomi bangsa. Serta visi Pemerintah menciptakan ekosistem industri kendaraan listrik kompetitif.

Baca juga : Heru Apresiasi Gerak Cepat Pembukaan Dan Penataan Trotoar Di Depan Kedubes Amerika

“Inilah komitmen kami ter­hadap solidaritas global untuk menciptakan kerja sama ekonomi yang kokoh, pertumbuhan ekono­mi yang saling menguntungkan, serta menciptakan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.