Dark/Light Mode

GoTo Dan KCI Kolaborasi, Rilis Fitur GoRide Transit

Jumat, 29 September 2023 14:14 WIB
GoTo Gojek Tokopedia Tbk  atau GoTo bersinergi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluncurkan fitur GoRide Transit di aplikasi Gojek, di Jakarta Convention Center, Jumat (29/9). (Foto: Istimewa)
GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo bersinergi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluncurkan fitur GoRide Transit di aplikasi Gojek, di Jakarta Convention Center, Jumat (29/9). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo Catherine Hindra Sutjahyo menuturkan, sebagai perusahaan layanan on demand yang lahir dan tumbuh di Indonesia, Gojek paling memahami berbagai tantangan masyarakat sehingga mampu menciptakan solusi yang paling relevan bagi tantangan pengguna di Indonesia.

Solusi ini termasuk memberikan alternatif mobilitas di tengah kepadatan lalu lintas, dengan biaya perjalanan yang lebih hemat.

Peluncuran inovasi GoRide Transit, menekankan posisi Gojek sebagai pionir solusi mobilitas antar moda transportasi yang hemat biaya, waktu, serta menawarkan kemudahan lewat integrasi layanan GoRide dan transportasi publik dalam satu transaksi sekaligus.

Baca juga : Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023, Kolaborasi 3 Pilar Harmoni Desa

“Kami memiliki data, 1 dari 4 pengguna GoRide pergi menuju atau dari lokasi transportasi publik. Kita percaya dengan upaya Pemerintah untuk meningkatkan transportasi umum, memanage kepadatan lalu lintas dan emisi, sehingga turut mendukung itu melalui GoRide Transit," ucap Catherine.

Penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (PUSTRAL UGM) mengungkapkan, pengguna yang memanfaatkan GoRide Transit dapat berhemat hingga 27 persen per-perjalanan dibanding pola perjalanan sebelum mereka menggunakan GoRide Transit.

Selain itu, biaya perjalanan semakin murah dengan memasukkan kode promo GOSTASIUN yang Gojek berikan khusus untuk perjalanan dari dan menuju stasiun.

Baca juga : Tasya Kamila, Prioritas Pilih Produk Organik

Dalam laporan tersebut juga disebutkan, perjalanan semakin cepat berkat pemesanan layanan transportasi first-mile dan last-mile GoRide yang dilakukan dalam satu transaksi sekaligus dengan pembelian tiket transportasi publik.

“Dengan melakukan perjalanan multimoda waktu tempuh perjalanan berkurang 15 persen dibanding pola perjalanan sebelum menggunakan GoRide Transit,” bunyi laporan tersebut.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik inisiatif Gojek untuk mengintegrasikan layanan ride-hailing (transportasi daring) dengan angkutan massal KRL Commuterline Jabodetabek.

Baca juga : Kino Dan KidZania Kolaborasi Gali Potensi Anak Lewat Wahana Permainan Peran

Ditegaskan Menhub, Pemerintah terus mendorong inovasi layanan transportasi daring sebagai angkutan first mile dan last mile (dari rumah ke stasiun dan dari stasiun ke kantor) dengan tarif yang terjangkau, dan dengan menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Diharapkan layanan ini semakin memudahkan mobilitas masyarakat, mendukung peningkatan penggunaan angkutan massal, dan menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan kemacetan dan polusi udara di wilayah perkotaan,” harap Menhub.

Saat ini GoRide Transit sudah dapat dinikmati di semua stasiun KCI atau 82 stasiun KRL Jabodetabek. Ke depan, kerja sama akan diperluas dengan transportasi publik lainnya seperti TransJakarta, KCIC, dan LRT. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.