Dark/Light Mode

Soal Wacana BTN Akuisisi Bank Muamalat

OJK: Persaingan Perbankan Syariah Bakal Lebih Sehat

Kamis, 16 November 2023 07:20 WIB
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae. (Foto: Ist)
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
“Memang belum mengerucut, tunggu waktu. Realisasi akusisi ini dipastikan tidak akan ram­pung tahun ini. Kami upayakan kalau bisa kuartal I tahun 2024,” kata Nixon di acara BTN Jakarta Run, Minggu (12/11).

Ia menuturkan, sejauh ini pihaknya terus melakukan koor­dinasi dengan pihak BPKH (Ba­dan Pengelola Keuangan Haji), sebagai pemegang saham Bank Muamalat.

Corporate Secretary BTN Ramon Armando mengatakan, perusahaan memang sedang menyiapkan opsi pemisahan alias spin-off UUS.

Baca juga : OJK Nilai Perlu Ada Persaingan Sehat Di Industri Perbankan Syariah

Dan dia meyakini, UUS BTN bakal menjadi sebuah entitas mandiri sebagai anak usaha perseroan. Proses ini akan me­libatkan pemisahan aset, manajemen, dan operasional unit usaha syariah tersebut.

Dengan strategi ini, perseroan dapat mengoptimalkan layanan perbankan syariahnya.

“Sehingga lebih efektif me­menuhi kebutuhan pelanggan yang mencari produk dan layanan perbankan syariah,” sebutnya.

Baca juga : Semangka, Buah Antioksidan Simbol Perjuangan Palestina

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, ada se­jumlah opsi yang dapat dilakukan BTN saat melakukan spin-off BTN Syariah. Salah satunya ada­lah tak menutup kemungkinan BTN Syariah akan bergabung dengan Bank Muamalat.

“Kami masih pelajari apakah BTN Syariah akan menjadi bagian BSI atau mungkin ber­gabung dengan bank syariah lain, seperti Bank Muamalat, atau dibesarkan sendiri dengan investasi lainnya. Itu konteks terbuka bagi saya,” jelas Erick, Minggu (1/10).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 16/11/2023 dengan judul Soal Wacana BTN Akuisisi Bank Muamalat, OJK: Persaingan Perbankan Syariah Bakal Lebih Sehat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.