Dark/Light Mode

Pemulihan Pasca Covid Tergantung Penerbangan

Okupansi Hotel Di Luar Pulau Jawa Sudah Mulai Meningkat

Jumat, 24 November 2023 07:20 WIB
Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yus­ran. (Foto: Ist)
Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yus­ran. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hunian hotel di Tanah Air mengalami peningkatan cukup signifikan. Namun, okupasi itu belum merata. Khususnya, hotel di luar Pulau Jawa.

PT Hotel Indonesia Group (HIG), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang perhotelan mencatat lonjakan signifikan dalam tingkat hunian.

Direktur Utama HIG Rizal Kasim mengatakan, industri pariwisata Indonesia kembali menunjukkan kebangkitan pada 2023. Dalam beberapa bulan terakhir, hotel-hotel di Indonesia mengalami kenaikan okupansi.

Baca juga : KPU Terima Pasangan Prabowo-Gibran Berdasarkan Putusan MK Yang Sah Dan Mengikat

“Hotel-hotel jaringan HIG terus menunjukkan peningkatan kinerja operasional hingga Oktober 2023,” ucap Rizal dalam keteran­gan resminya, Rabu (22/11).

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ada pening­katan dalam tingkat okupansi hotel-hotel di berbagai destinasi pariwisata Indonesia.

Sebagai anak usaha HIN yang mengelola dan mengoperasikan jaringan hotel milik BUMN (Ba­dan Usaha Milik Negara), saat ini HIG telah mengelola 34 hotel, satu convention center dan satu lembaga pendidikan BUMN.

Baca juga : HCML Berdayakan Ekonomi Masyarakat Pulau Mandangin

“Peningkatan okupansi hotel juga dialami hotel jaringan HIG,” ucapnya.

Rizal merinci, Bali men­duduki okupansi tertinggi pada Oktober 2023 dengan rata-rata okupansi hotel jaringan HIG mencapai 74 persen. Hotel Inna Sindhu Beach Hotel sebagai leading dengan okupansi rata-rata sebesar 90,62 persen.

Hotel bintang tiga milik PT Hotel Indonesia Properti (HIPRO) itu juga menjadi hotel dengan okupansi tertinggi pada periode September 2023, dengan okupansi sebesar 94 persen.

Baca juga : MU Perubahan Masifkan Gerakan Di Jawa Tengah Menangkan Anies-Imin

Kinerja tertinggi selanjutnya yaitu Truntum Kuta, dengan okupansi sebesar 85,10 persen. Hotel yang baru saja melaku­kan rebranding pada 11 Okto­ber tersebut, terbukti memiliki kinerja operasional yang baik. Selanjutnya, Merusaka Nusa Dua dengan rata-rata okupansi sebesar 79,72 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.