Dark/Light Mode

DSC Ajak 24 Challengers Riset Pasar Teh Takokak Wins Tea Di Bandung

Minggu, 24 Desember 2023 20:28 WIB
Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 mengajak 24 challengers yang lolos ke babak Battle Round ke perkebunan teh Takokak, di Cianjur. (Foto: Istimewa)
Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 mengajak 24 challengers yang lolos ke babak Battle Round ke perkebunan teh Takokak, di Cianjur. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 mengajak 24 challengers yang lolos ke babak Battle Round ke perkebunan teh Takokak, di Cianjur, Jawa Barat, untuk berkontribusi nyata pada pengembangan dan keberlanjutan sebuah bisnis.

Program Initiator DSC, Edric Chandra mengatakan, di tengah persaingan yang ketat ini membuat DSC semakin kreatif dalam memberikan tantangan kepada para challengers.

Karenanya, dalam tahap ini challengers tidak hanya belajar tetapi juga memberikan kontribusi nyatanya.

Adapun, perkebunan teh Takokak berdiri sejak tahun 1906, sebagai perusahaan pengelola perkebunan teh ini, PT Harmoni Nirwana Lestari memproduksi teh dari hulu ke hilir.

Mulai dari menanam, merawat, hingga memetik daun teh terbaik, serta mengemas dan memasarkan produk teh yang dikenal dengan nama Takokak Win's Tea.

“Dengan menggabungkan Social Culture, Environment dan Governance, challengers harus berpikir kreatif untuk membuat fondasi kokoh, sebuah rekomendasi langkah strategis yang berkelanjutan untuk Takokak Win’s Tea dari hulu ke hilir,” ujar Edric, melalui siaran pers, Minggu (24/12/2023).

Baca juga : Sahabat Ganjar Tebar Semangat Perdamaian Pilpres 2024 Di Banyumas

Ia menjelaskan, usai menggali proses produksi Takokak Win's Tea, challengers yang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Lestari, Makmur dan Jaya melanjutkan perjalanan ke Bandung.

Di kota Kembang ini, kata Edric, ketiga kelompok menjawab tantangan DSC dengan melakukan riset pasar dan menjual teh Takokak Win's Tea di tiga kafe berbeda.

"Dalam menjalankan tantangannya, challenger diberi waktu 3,5 jam untuk melakukan customer survey, hingga melakukan penjualan dan akhirnya harus melaporkan hasil penjualan produk Takokak Win’s Tea tersebut," ujar Edric.

Di kesempatan yang sama, Direktur PT Harmoni Nirwana Lestari, Kent Dixon mengapresiasi, upaya para challengers dalam memberikan rekomendasi strategi bisnis, sesuai value dan positioning Takokak Win’s Tea .

Dixon mengaku, sangat tertarik pada ide salah satu kelompok untuk dielaborasi dalam menjalankan bisnisnya.

“Mungkin dari rekomendasi tersebut, ada yang bisa kami coba untuk diterapkan,” ujar Dixon.

Baca juga : 3 WNI Yang Bertahan Di Gaza Tak Bisa Di Kontak

Sementara itu, Co-Founder Mbloc Space Handoko Hendroprayono menilai, dari sisi pemasaran para challengers.

Menurutnya, pengetahuan dan kesukaan pada suatu produk akan membuat cara pemasaran menjadi kreatif.

“Para challengers dalam menjalankan tantangannya, mempunyai peluang untuk menjadi yang terbaik,” kata Handoko.

Ia menambahkan, terdapat kriteria 3P, yaitu Paham, Piawai dan Persona, yang menjadi penilaian signifikan pada babak battle round ini.

Handoko menegaskan, para Challengers dituntut memiliki pemahaman yang baik dari bisnis, piawai dalam berinovasi hingga mengeksekusi ide, serta memiliki kepribadian yang positif.

"Tentunya, baik saat bekerja sendiri maupun bekerja dalam tim," tandas Handoko.

Baca juga : Dirjen Imigrasi Pastikan Mentan SYL Sudah Tiba Di Bandara Soetta

Sebagai informasi, Webseries DSC Season 14 telah ditayangkan di youtube @diplomatsuccess, sejak 21 November 2023.

Setelah tahap Battle Round 1, yang diikuti Top 24 challengers, DSC Season 14 akan menuju ke tahap Battle Round 2 dan lebih dekat meraih hibah modal usaha total Rp 2,5 miliar.

Selain itu pendampingan berkelanjutan dari coach bisnis profesional, serta bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.