Dark/Light Mode

Pangkas NPL Hampir Rp 900 Miliar

Nixon Pede Kinerja BTN Semakin Oke

Sabtu, 6 Januari 2024 07:20 WIB
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu. (Foto: Antara)
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Target Price BBTN

Dalam risetnya Head of Research BCA Sekuritas Andre Benas mengungkap, transaksi penjualan aset bermasalah secara masif (bulk asset sales) sangat positif bagi kinerja perseroan.

“Hal ini akan meningkatkan Coverage NPL BTN menjadi lebih sehat, dari kisaran 142 persen pada September 2023 menjadi sekitar 150 persen pada akhir tahun 2024”, jelas Andre.

Baca juga : West Ham Vs Man United, The Hammers Gertak Setan Merah

Lebih lanjut Andre memberikan upgrade Target Price (TP) untuk BBTN menjadi Rp 1.550 per lembar saham dari sebelumnya Rp1.400 per lembar saham dan memberikan upgrade BUY terhadap saham BBTN.

Sementara Analis RHB Sekuritas Andrey Wijaya mengatakan, penjualan aset bermasalah secara masif akan berdampak pada penurunan rasio NPL, dan penurunan beban biaya CKPN (Cadangan Kerugian Penurunan Nilai) BTN pada tahun berjalan.

Pada 2024, BTN menargetkan akan kembali melakukan inisiasi bulk asset sales pada 2024 dengan target penjualan aset sebesar Rp 1 triliun.

Baca juga : Jumlah Pelanggan Bertambah, Kinerja PGN Makin Moncer

Cost of Credit (CoC) BTN ditargetkan berada para range 1,1 persen hingga 1,4 persen pada 2024.

. “Hal ini seiring dengan langkah manajemen dalam meningkatkan rasio NPL coverage ke level diatas 160 persen pada tahun 2025,” katanya.

RHB Sekuritas menargetkan Target Price (TP) saham BBTN pada harga Rp 1.650 per lembar saham. Harga ini mencerminkan 33 persen potensi kenaikan harga dibandingkan harga pada penutupan akhir tahun BBTN pada harga Rp1.250 per lembar saham.

Baca juga : Kinerja BUMN Makin Sehat, Fokus Dan Efisien

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 6/1/2024 dengan judul Pangkas NPL Hampir Rp 900 Miliar, Nixon Pede Kinerja BTN Semakin Oke  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.