Dark/Light Mode

Atasi Lonjakan Harga Dan Minimnya Produksi

Pemerintah Bakal Impor 2 Juta Ton Beras Thailand

Selasa, 20 Februari 2024 07:00 WIB
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Ilustrasi. Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Selain itu, distribusi beras juga terganggu. Salah satunya dipengaruhi oleh banjir rob yang melanda Kabupaten Demak dan Grobogan, Jawa Tengah.

Jokowi pun sudah memerintah­kan Perum Bulog memasok beras dari produksi sejumlah daerah ke Pasar Cipinang, sambil menung­gu panen raya untuk menambah stok cadangan beras.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai impor beras In­donesia pada Januari 2024 men­capai 279,2 juta dolar AS atau setara dengan Rp 4,36 triliun.

Baca juga : DPRD Kasih Deadline Tahun Ini Harus Kelar

Plt Kepala BPS Amalia A Widyasanti mengatakan, nilai impor beras Indonesia menga­lami kenaikan sebesar 135,1 persen dibandingkan dengan Januari 2023 yang mencapai 118,7 juta dolar AS.

Namun demikian, Amalia menyebut, nilai impor ini jika di­lihat secara bulanan mengalami penurunan 16,73 persen.

Impor beras Indonesia masih didominasi dari Thailand, yakni 153 juta dolar AS, disusul dari Pakistan sebesar 79,3 juta dolar AS dan Myanmar sebesar 23,98 juta dolar AS.

Baca juga : Inter Milan Vs Atletico Madrid, Ujian Untuk Si Ular Besar

Menurut Amalia, beras yang diimpor ini tidak langsung di lepas ke pasar, tetapi mengikuti kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah. Karena itu, pola impor beras tidak bisa diketahui secara pasti.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekono­mian Airlangga Hartarto menga­takan, Pemerintah memutuskan mengimpor 1,6 juta ton beras untuk memenuhi kebutuhan do­mestik akibat mundurnya masa panen selama dua bulan.

Selain merealisasikan impor, Airlangga menyatakan bahwa Pemerintah juga meningkatkan distribusi beras Stabilisasi Paso­kan dan Harga Pangan (SPHP) dari 150 ribu ton menjadi 250 ribu ton untuk memenuhi kebu­tuhan masyarakat.

Baca juga : Konsisten, Sinner Raih Juara

Untuk mempermudah dis­tribusi, paket beras SPHP da­pat dikemas ulang dengan berat yang disesuaikan. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Selasa, 20 Februari 2024 dengan judul "Atasi Lonjakan Harga Dan Minimnya Produksi Pemerintah Bakal Impor 2 Juta Ton Beras Thailand"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.