Dark/Light Mode

Berikan Kontribusi Nyata Buat Negara

Top, BRI Setor Dividen Dan Pajak Rp 149,2 T

Rabu, 21 Februari 2024 07:05 WIB
Direktur Utama BRI Su­narso.
Direktur Utama BRI Su­narso.

 Sebelumnya 
Dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), hingga akhir Desember 2023 BRI berhasil menghimpun DPK sebesar Rp 1.358,3 triliun atau tumbuh 3,9 persen yoy.

Pencapaian ini juga lebih baik dibandingkan dengan DPK industri perbankan nasional, yang tumbuh 3,8 persen secara yoy pada akhir Desember 2023. Penghimpunan DPK BRI masih didominasi oleh dana murah (Current Account Saving Ac­count/CASA), dengan presen­tase mencapai 64,4 persen atau setara dengan Rp 874,1 triliun.

Ke depan, Sunarso mengatakan, BRI optimistis akan terus memberikan return yang optimal kepada para pemegang saham.

Baca juga : Menperin: VinFast Bakal Bangun Pabrik Tahun Ini

“Ini adalah bukti nyata bahwa perusahaan BUMN, yang me­miliki fungsi agent of develop­ment dan value creator, dapat secara simultan menjalankan peran economic dan social value secara bersamaan,” tegasnya.

Menyoal ini, Pengamat Eko­nomi dan Perbankan dari Uni­versitas Gadjah Mada (UGM) Paul Sutaryono menilai wajar, jika BRI berkontribusi besar ter­hadap dividen dan pajak negara.

“Hal tersebut mengingat kinerja yang dinilai semakin baik saat ini,” kata Paul kepada Rakyat Merdeka, Selasa (20/2/2024)

Baca juga : Kebon Sirih Wanti-wanti Pengemis Serbu Jakarta

Ia menilai, BRI meraih profit besar lantaran ada kontribusi dari pendapatan bunga yang juga besar. Sebagai informasi, kontribusi Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) terhadap keseluruhan dividen (BUMN) yang dibayar kepada negara, mencapai lebih dari 61,8 persen.

“BRI menguasai lebih dari 80 persen segmen ultra mikro. Hal itu mendorong Himbara berperan sangat signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional secara keselu­ruhan,” terangnya.

Berkaca dari kinerja tahun buku 2022 tercatat sebesar Rp 23,15 triliun atau 59,97 persen dari total dividen BRI di kontri­busikan kepada negara.

Baca juga : Napoli Vs Barcelona, Partenopei Tunggu Gebrakan Pelatih Baru

“Kontribusi optimal BRI tersebut tidak lepas dari kinerja gemilang sepanjang 2022, dengan pencapaian laba sebesar Rp 51,41 triliun. Angka tersebut menjadi yang terbesar di an­tara BUMN perbankan lainnya,” pungkasnya. DWI

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Rabu, 21 Februari 2024 dengan judul "Berikan Kontribusi Nyata Buat Negara Top, BRI Setor Dividen Dan Pajak Rp 149,2 T"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.