Dark/Light Mode

Sebagian Besar Sahamnya Dibeli TikTok

Tokopedia Bakal Jadi Jawara E-Commerce

Minggu, 3 Maret 2024 07:05 WIB
Sebagian Besar Sahamnya Dibeli TikTok Tokopedia Bakal Jadi Jawara E-Commerce

 Sebelumnya 
Karena itu ada harapan, sam­bung Reza, kinerja keuangan mereka membaik.

“Maka, bagaimana caranya agar kerja sama ini terus berja­lan, dan dampak positif mem­bantu GoTo meraih pertumbu­han,” tuturnya kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (2/3/2024).

Keputusan penjualan 75 pers­en saham Tokopedia ke Byte­Dance membuat secara transaksi kepemilikan GoTo di Tokopedia beralih ke TikTok. Tetapi, kondi­si ini bukan berarti tidak terjalin sinergi antara emiten tersebut.

“Hal ini menunjukkan sinergi maupun kerja sama di antara mereka dapat memberikan nilai tambah, terutama bagi pengem­bangan ekosistem transaksi pada mitra UMKM,” ucap Reza.

Terkait proses migrasi yang dilakukan kedua perusahaan teknologi tersebut, memang memiliki waktu yang tak se­bentar. Tetapi harus dipastikan, hal tersebut tidak melanggar ketentuan atau aturan yang menjadi dasar proses transaksi e-commerce.

Baca juga : Diguyur Hujan Seharian 38 Titik Terendam Banjir

“Pasti ada kompleksitas mi­grasi yang terjadi. Mulai dari teknis, sistem hingga karyawan kedua perusahaan,” jelasnya.

Raih EBITDA Positif

Dalam paparan publik terse­but, GoTo juga menyampaikan raihan positif EBITDA (Earn­ing Before Interest, Taxes, De­preciation, and Amortization) yang disesuaikan pada kuartal IV-2023, adalah pencapaian penting. Ini membuktikan ke­berhasilan perseroan dalam mengupayakan efisiensi keg­iatan operasional seluruh unit bisnisnya.

“Bisnis e-commerce kami akan menghasilkan arus kas positif yang semakin tumbuh, didorong oleh kemitraan dengan TikTok,” ujarnya.

Bisnis on-demand servic­es telah mencapai profitabilitas dan juga terus tumbuh. Selain itu, bisnis fintech yang ditopang oleh GoPay akan mengalami pertumbuhan signifikan, dengan adopsi keuangan digital yang semakin tinggi.

Fokus GoTo ke depan adalah berinvestasi pada pertumbuhan jangka panjang dan berkelan­jutan, yang akan memperkuat bisnis, serta meningkatkan ket­angguhan dan daya saing bisnis di tengah kondisi pasar yang semakin dinamis.

Baca juga : Napoli Vs Juventus, Partenopei Bawa Bisi Menang

Selanjutnya, Direktur seka­ligus Chief Operating Officer GoTo Hans Patuwo menutur­kan, pihaknya meyakini ruang pertumbuhan GoTo masih ter­buka lebar. Hal ini didukung oleh kinerja perseroan yang semakin solid.

Menurutnya, GoTo akan terus mengembangkan produk-produk dengan peluang monetisasi yang lebih tinggi, seperti layanan pin­jaman digital.

Langkah tersebut sejalan den­gan komitmen perseroan untuk terus memperkuat fundamental bisnis, serta memastikan keg­iatan operasional dapat berjalan seefisien mungkin.

Sepanjang tahun 2023, GoTo telah meluncurkan berbagai produk dan inovasi yang me­nyasar segmen konsumen. Dan memprioritaskan harga untuk memperluas jangkauan pasar.

Perusahaan meluncurkan lay­anan GoPay Pinjam di aplikasi GoPay bulan September 2023, untuk meningkatkan jumlah pengguna baru di luar aplikasi Gojek dan Tokopedia.

Baca juga : Laga Liga Bola Basket Amerika, Celtics Redam Mavericks

GoPay Pinjam menunjukkan kinerja solid. Tercermin dari total pinjaman yang terus men­galami peningkatan dari kuartal IV-2022 hingga kuartal III-2023.

Selain itu, GoTo bersama mitra strategisnya, Bank Jago, juga telah meluncurkan layanan tabungan GoPay Tabungan by Jago, yang menawarkan berb­agai jenis rekening sesuai den­gan kebutuhan pengguna. Mulai dari pembayaran sehari-hari hingga menabung untuk masa depan. DWI

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Minggu, 03 Maret 2024 dengan judul "Putusan MK, Ubah Syarat Ambang Batas Parlemen 4 Persen, Aminurrokhman: Justru Syaratnya Perlu Dinaikkan Jadi 7 Persen"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.