Dark/Light Mode

Baru 4 Hari Menjabat, Erick Permak Direksi PTPN

Menteri BUMN Cari Bos Baru PT Inalum Dan Bank Mandiri

Rabu, 30 Oktober 2019 11:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan). Foto: IG @erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan). Foto: IG @erickthohir

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir langsung tancap gas. Baru empat hari menjabat, Erick sudah mengganti direksi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III. Tugas berikut Erick adalah mencari bos baru PT Inalum dan Bank Mandiri yang tengah kosong.

PERUBAHAN direksi PTPN dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN No. SK- 230/MBU/10/2019 17 Oktober 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan dan SK-231/ MBU/10/2019 17 Oktober 2019 tentang Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota Direksi PT Perkebunan Nusantara III.

Surat Keputusan diserahkan langsung Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro kepada direksi yang baru diangkat. Wahyu mengatakan, perubahan jajaran direksi dan komisaris Holding Perkebunan Nusantara sebagai bentuk penyegaran organi sasi dan dinamis.

Sebagai upaya menyikapi tantangan perusahaan ke arah yang lebih baik. “Pergantian ini sejalan dengan program transformasi perusahaan yang berkomitmen untuk tetap melanjutkan program transformasi di bidang SDM,” kata Wahyu dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Hari Pertama Dikenalkan, Calon Menteri Baru Jokowi Bikin Rupiah Dan IHSG Bersinar

Tujuannya perombakan itu adalah meningkatkan kinerja usaha. Serta terus melakukan perubahan untuk memperluas bisnis demi mencapai target Perkebunan Nusantara.

Wahyu mengatakan, perombakan direksi dan komisaris ini merupakan bentuk penguatan di tubuh perseroan. Hal ini, kata dia, akan memberikan kekuatan dan akselerasi perbaikan kinerja Perseroan ke depan.

Berikut Susunan Dewan Direksi PTPN III. Plt Direktur Utama M Abdul Ghoni, Wakil Direktur Utama M. Abdul Ghoni, Direktur SDM & Umum Seger Budiarjo, Direktur Keuangan Mohammad Yudayat, Direktur Pemasaran Dwi Sutoro, Direktur Pelaksana Ahmad Haslan Saragih, serta Direktur Operasi dan Pengembangan Mahmudi.

Sekadar informasi, Direktur Utama PTPN III Dolly Pulungan ditetapkan KPK jadi tersangka kasus suap distribusi gula, September lalu.

Baca juga : Saran Qodari, Menteri Kabinet Baru Harus Pengalaman Atasi Konflik Sosial

Siapkan 3 Nama Calon

Di tempat terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan masing-masing tiga calon untuk menjadi direktur utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan direktur utama PT Inalum (Persero).

Pencalonan itu disiapkan setelah dua pimpinan BUMN tersebut, yakni Dirut PT Inalum Budi Gunadi Sadikin dan Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dipercaya sebagai Wakil Menteri di anggota Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

BGS, sapaan Budi Gunadi Sadikin dan Tiko, sapaan Kartika Wirjoatmodjo resmi menjadi Wamen BUMN. “Untuk satu posisi ada tiga kandidat. Nanti ditentukan mana yang terbaik, dilihat rekam jejaknya, dan juga dilihat juga hal-hal lain. Baru kemudian sesuai tahapan akan langsung dipilih,” kata Erick.

Baca juga : Pengamat: 4 Menteri Ini Layak Dipertahankan

Namun, Erick mengaku akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Presiden Jokowi sebelum memutuskan hal ini. Dua direktur utama perusahaan pelat merah itu akan ditentukan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa masing-masing perseroan. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.