Dark/Light Mode

Kerek Daya Saing

IFG Sudah Siapkan Tiga Jurus Inisiatif

Jumat, 22 Maret 2024 07:05 WIB
Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko.
Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko.

 Sebelumnya 
Tahun ini IFG akan melakukan digitalisasi proses bisnis yang terintegrasi di ekosistem IFG.

“Sehingga IT (Information Technology) dapat menjadi pendorong utama untuk meningkatkan daya saing dan kontribusi IFG terhadap IKNB,” harap Hexana.

Pengamat Keuangan dan Perbankan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Paul Sutaryono menyarankan, transformasi yang dilakukan IFG sebaiknya diikuti dengan peningkatan kualitas tata kelola dan penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Baca juga : Stabilitas Politik Jadi Basis Buat Jalannya Geliat Usaha

Hal itu sekaligus penerapan dari prinsip AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang menjadi Core Value Kementerian BUMN.

“IFG juga sebaiknya menerapkan standarisasi penempatan portofolio investasi yang ideal dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Paul kepada Rakyat Merdeka, Kamis (21/03/2024).

Ia berharap, para direksi, karyawan dan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya, turut menerapkan manajemen risiko yang ketat pada saat pengelolaan investasi.

Baca juga : Pulau Seribu Disiapkan Jadi Lumbung Pangan

Sedangkan dari sisi bisnis, IFG diharapkan mampu mengatur pengelolaan aset dan portofolio dana pensiun BUMN secara optimal dan sesuai faktor risiko.

Lebih lanjut Paul berpesan, semoga upaya transformasi dan pembenahan ini bisa dimaknai oleh seluruh pihak, sebagai kerja keras pengelolaa IFG dan Pemerintah dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi.

Hal senada juga diungkapkan Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo. Ia mengatakan, secara bisnis, IFG akan menghadapi target pasar BUMN yang membutuhkan strategi jitu.

Baca juga : Spanyol Vs Kolombia, Duel Pemanasan Sebelum Perang

“Untuk itu, perlu sinergi yang mampu mendorong transformasi signifikan yang diperlukan, agar perusahaan mampu bersaing,” tutupnya. DWI

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Jumat, 22 Maret 2024 dengan judul "Kerek Daya Saing, IFG Sudah Siapkan Tiga Jurus Inisiatif"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.