Dark/Light Mode

Masih Wait Dan See Melantai Di Bursa

IPO Pupuk Kaltim Dinanti Investor

Selasa, 26 Maret 2024 07:05 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

 Sebelumnya 
Menurut Rahmad, kinerja Pupuk Kaltim dari tahun ke tahun menunjukkan performa yang positif. Hal itu dapat menjadi daya tarik bagi para investor jika IPO dilaksanakan.

“Kinerja Pupuk Kaltim sangat bagus, profit pada 2022 sebesar Rp 14,5 triliun. Pada 2023 juga sangat baik, tapi belum bisa sampaikan karena belum diaudit,” ungkapnya.

Menurut Rahmad, dalam pelaksanaan IPO perlu dipertimbangkan juga iklim investasi dan perekonomian.

“Jika pasarnya kondusif, maka akan banyak investor yang berbondong-bondong membeli,” katanya.

Baca juga : Luhut: Buruan Bayar Utang Selisih Migor

Saat ini Pupuk Kaltim tengah fokus membangun kawasan industri pupuk di Fakfak, yang masuk ke tahap pembangunan atau groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menurutnya, pembangunan ini penting supaya kawasan Indonesia timur memiliki industri pupuk. Rahmad berharap, agar pabrik pupuk tersebut dapat memiliki kapasitas produksi hingga 1,15 juta ton pupuk urea dan 825 ribu ton amonia setiap tahunnya.

Diketahui, Pupuk Indonesia melalui Pupuk Kaltim telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pupuk di Kawasan Industri Terpadu Fakfak. Adapun nilai investasi dari proyek pabrik tersebut 1,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 18,82 triliun.

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) menegaskan akan terus menjajaki perusahaan-perusahaan berskala besar dan BUMN untuk segera melakukan IPO pada 2024, salah satunya Pupuk Kaltim.

Baca juga : Banjir Rob Di Pesisir Makin Tak Terkendali

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, meskipun BEI telah mendekati perusahaan tersebut, tetapi keputusan IPO tetap kembali ke perusahaan masing-masing.

“IPO BUMN ini tergantung kesiapan dari BUMN dan anak usahanya. Tentunya yang kami lakukan adalah support dari sisi sharing hal-hal yang dapat kami berikan,” ujarnya.

Hal tersebut dalam rangka meningkatkan kesiapan perusahaan untuk bisa masuk ke pasar modal. Dan melihat berbagai sisi atau angle sesuai dengan ekspektasi dari investor.

“Harapan kami nanti mereka menjadi sukses di pasar modal,” ucapnya. DWI

Baca juga : Vietnam Vs Indonesia, Garuda Mau Akhiri Kutukan 19 Tahun

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Selasa, 26 Maret 2024 dengan judul "Masih Wait Dan See Melantai Di Bursa IPO Pupuk Kaltim Dinanti Investor"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.