Dark/Light Mode

Menhub Buka Posko Mudik

Waspadai Titik Kemacetan, Tol Arah Jawa Paling Padat

Kamis, 4 April 2024 07:05 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi membuka Pos Koordinasi (Posko) Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (3/4) pagi. Foto: Dok. Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi membuka Pos Koordinasi (Posko) Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (3/4) pagi. Foto: Dok. Kemenhub

 Sebelumnya 
“Memang harus kita per­siapkan dengan baik karena diprediksi tahun ini akan ada kenaikan jumlah pemudik lebih dari 50 persen, yaitu se­banyak 193,6 juta pemudik,” ujar Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, Jasa Marga sebagai operator jalan tol yang memiliki jumlah ruas jalan paling panjang, harus melakukan persiapan matang menghadapi arus mudik 2024.

Jasa Marga pun telah meningkatkan layanan jalan tol, seperti penambahan petugas, sarana top up etoll, edc mo­bile, mobil derek, CCTV dan fasilitas penunjang keamanan lainnya.

Selain itu, rest area diting­katkan pelayanannya dengan adanya pos-pos terpadu, fasili­tas ramah kelompok rentan, penambahan toilet fungsional, dan adanya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SP­KLU).

Baca juga : Bos BPH Migas: Stok BBM Melebihi Kuota

Jasa Marga juga telah me­nyiapkan jalur tol fungsional Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan yang akan menjadi jalur alternatif bila terjadi penumpu­kan kendaraan di jalur utama.

Dalam kesempatan meninjau langsung dan menyusuri ruas Tol Japek 2 Selatan, Muhadjir mengungkap penggunaan jalur Tol Japek 2 Selatan akan menjadi kontingensi dari kebijakan yang akan diputuskan pemerintah.

Muhadjir menuturkan, peng­gunaan jalur tol Japek 2 Se­latan akan digunakan sebagai alternatif bila kebijakan Pemerintah belum dapat mengurai kepadatan jalan, sehingga bisa dibuka sebagai jalur alternatif dan kemacetan bisa diatasi.

“Alhamdulillah kondisinya ini sudah sangat bagus. Mudah-mudahan menjadi solusi alter­natif kalau nanti ada kebijakan berbagai macam penyesuaian antara one way, contra flow dan ganjil genap,” ucapnya.

Baca juga : Vaksin DBD Untuk Warga Tolong Digratiskan Dong

Meski jumlah orang yang mudik diperkirakan akan menca­pai 193,6 juta, Muhadjir menya­takan, upaya persiapannya sudah sangat maksimal. Mulai dari pen­gelolaan jalan tol, kementerian dan lembaga terkait, Kemenhub, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Polri, hingga Korlantas.

“Mudah-mudahan semua ke­menterian terkait bisa melaksanakan dengan baik,” harapnya.

Muhadjir juga mengimbau pengelola rest area mening­katkan kenyamanan, dengan mencontoh Rest Area KM 88B Cipularang.

Menurut dia, hal itu sangat penting untuk menambah kenya­manan pemudik dari kelompok rentan.

Baca juga : Misi Amankan Kursi Puncak

Selain serangkaian upaya yang dilakukan Pemerintah, Mu­hadjir mengatakan, kenyamanan mudik tergantung oleh perilaku dari pemudik itu sendiri.

Karenanya, dia mengimbau para pemudik memastikan semua kesiapan saat mudik, menjaga keamanan lingkungan rumah yang ditinggal, serta memanfaatkan fasilitas di rest area secukupnya dan bergantian dengan pemudik lain. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Kamis, 4 April 2024 dengan judul "Menhub Buka Posko Mudik Waspadai Titik Kemacetan, Tol Arah Jawa Paling Padat"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.