Dark/Light Mode

Yang Penting Dikelola Transparan

Property Fund Solusi Amankan Aset BUMN

Jumat, 26 April 2024 07:20 WIB
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Ilustrasi. Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Bahkan, KEK Kesehatan Sanur membuka lapangan pe­kerjaan baru yang ditargetkan mampu menarik 43 ribu tenaga kerja.

Untuk itu, hal yang sama juga perlu dilakukan untuk aset BUMN lainnya di Jakarta. Salah satunya, kata dia, melalui pembentukan Property Fund Danareksa.

Sebagai informasi, Kemen­terian BUMN telah menugas­kan Holding Danareksa untuk membentuk Property Fund, yang salah satu tujuannya un­tuk optimalisasi aset BUMN yang berada di area sekitar Monas, sehingga memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

“Makanya, kami harus men­dorong value creation baru. Aset-aset BUMN yang belum maksimal, di-upgrading, seperti yang sudah kita lakukan di Sa­nur,” terangnya.

Baca juga : Syarief: MPR Siap Sambut Presiden-Wapres Terpilih

Ia mengaku, dirinya bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo tengah gencar berkeliling beberapa negara un­tuk mencari investor potensial.

Erick antar lain dijadwal­kan melakukan kunjungan ke Qatar untuk penjajakan bisnis. Sedangkan Wamen Kartika tengah bertugas di Eropa untuk melakukan hal yang sama.

Dalam penjajakan bisnis yang sudah dilakukan, kata dia, Hong Kong menjadi salah satu negara yang merespons positif.

Sayangnya, ia belum bisa memberikan informasi lebih lanjut lantaran belum ada kon­trak resminya.

Baca juga : Amerika Ikuti Langkah Kita Lawan Uni Eropa

Saat ini BUMN memiliki 13 aset di sekitar Monas, di an­taranya Gedung Kementerian BUMN, Gedung Menara Danareksa, Gedung BSI (Bank Syariah Indonesia) Tower, hing­ga gedung milik PT Pertamina (Persero). Ia mencontohkan, saat Pertamina memiliki kantor baru, gedung yang lama malah terabaikan. Karenanya, ia tak ingin hal itu terjadi lagi.

Erick juga ingin menyulap kawasan Monas menjadi city center, seperti New York di Amerika Serikat (AS). Dan akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Jakarta.

Kini, dengan telah diresmi­kannya Gedung BSI Tower dan Menara Danareksa, diharapkan bisa menjadi awal transformasi tersebut.

“Ini aset yang luar biasa dan akan menjadi salah satu financial center,” tandasnya. IMA

Baca juga : Pelayanan Di Kelurahan Mesti Meningkat Dong

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Jumat, 26 April 2024 dengan judul "Yang Penting Dikelola Transparan Property Fund Solusi Amankan Aset BUMN"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.