Dark/Light Mode

Begini Cara Batik Air Supaya Penumpang Nyaman Dan Selamat Dari Covid-19

Minggu, 9 Agustus 2020 14:55 WIB
Pramugari maskapai Batik Air mengenakan Masker dan Face Shield didalam kabin pesawat
Pramugari maskapai Batik Air mengenakan Masker dan Face Shield didalam kabin pesawat

 Sebelumnya 
Capt. Achmad Luthfie juga menerangkan soal standar operasional prosedur selama masa waspada pandemi Covid-19, meliputi:

1. Semua awak pesawat yang aktif terbang sudah melakukan uji atau tes kesehatan dengan hasil negatif,

2. Pemeriksaan kesehatan awak pesawat tetap dilakukan sebelum penerbangan (pre-flight health check), guna menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight),

3. Semua pesawat sebelum terbang dilaksanakan penyemperotan desinfektan, dalam upaya memastikan sterilisasi dan kebersihan pesawat,

4. Peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC).

Baca juga : Zona Risiko di Daerah Hanya Ditentukan Oleh Satgas Covid-19

5. Menjaga kebersihan dan sterilisasi untuk peralatan pendukung seperti kendaraan pendorong pesawat (pushback car), bus penghubung (neoplane), tangga masuk pesawat untuk penumpang dan kargo, kendaraan pengangkut barang dan kargo.

6. Awak pesawat, teknisi, flight operation officer (FOO), petugas layanan darat (ground handling) dan staff layanan lainnya, Lion Air Group harus mengikuti protokol kesehatan, yakni pengecekan suhu badan, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, membersihkan tangan dengan cairan (hand sanitizer), penggunaan sarung tangan (disposable gloves) dan wajib menggunakan masker,

7. Mengoptimalkan pengaturan jarak aman antarpenumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada penerbangan, yang tetap memperhatikan aspek keselamatan penerbangan.

8. Mengurangi interaksi langsung (contactless) antara sesama awak pesawat, antara sesame teknisi, antara sesame FOO, antara sesama ground staff serta dengan penumpang;

9. Menyediakan hand sanitizer, sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan di pesawat udara;

Baca juga : Gelora Minta Stop Impor Saat Pandemi Covid-19

10. Memberikan pelatihan untuk awak pesawat dalam hal penggunaan Alat Perlindungan Pribadi (Personal Protection Equipment /PPE).

 Capt. Achmad Luthfie mengungkapkan, pesawat jet Airbus dan Boeing yang dioperasikan termasuk kategori generasi modern yang memiliki sistem penyaringan udara kabin dan partikel yang kuat, yakni dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter.

"Perangkat terpasang dan bekerja menggunakan sejumlah metode filtrasi yang menyaring lebih dari 99,9 persen jenis partikel dalam berbagai ukuran, termasuk virus dan bakteri," katanya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pilihan dan kesetiaan para tamu yang telah memilih Batik Air dalam perjalanan.

"Berbagai rekomendasi dan referensi yang sudah diberikan kepada perusahaan, akan Batik Air jadikan sebagai salah satu dalam peningkatan kualitas layanan," Janji Achmad Luthfie.

Baca juga : Peran Kontraktor Swasta dan BUMN Di Masa Covid-19

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada regulator, pemerintah daerah, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta mitra yang telah mendukung kelancaran operasional Batik Air selama ini.

"Kedepan, sinergitas akan terus terjalin dan terlaksana secara tepat," tutup Achmad Luthfie.

Sekedar info, acara Safe Travel Campaign ini juga dihadiri Managing Director Lion Air Group: Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi; Ketua INACA, Denon Prawiraatmadja; CEO Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin beserta jajaran. 

Hadir pula Sekretaris Jenderal PHRI, Maulana Yusran, serta Operation Director of Batik Air, Capt. Zwingly Silalahi dan perwakilan jajaran Board of Director Lion Air Group. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.