Dark/Light Mode

Gandeng PII, Pertamina Kembangkan Proyek Sektor Energi dengan Skema KPBU

Kamis, 8 Oktober 2020 11:21 WIB
Gandeng PII, Pertamina Kembangkan Proyek Sektor Energi dengan Skema KPBU

 Sebelumnya 
“Agar pelaksanaan kerjasama berjalan dengan efisien, maka akan dibentuk suatu tim gabungan dengan latar belakang fungsional seperti teknik, operasional, keuangan dan komersil serta fungsi terkait lainnya yang dipandang perlu, “ tutur Ignatius.

Setelah penandatanganan MoU, akan dilakukan pembahasan list proyek yang akan diusulkan untuk potensi KPBU. Juga melakukan simulasi rencana tindak lanjut atas usulan potensi KPBU oleh PT KPI, beserta referensi timeline proyek KPBU. “Apabila skema KPBU berhasil diterapkan pada list proyek yang diusulkan, maka ada potensi untuk diterapkan pada beberapa proyek lainnya,” ujar Ignatius.

Baca juga : PLN Percepat Pemanfaatan Gas Untuk Sektor Ketenagalistrikan

Sebagai tindak lanjut, dalam kerja sama tersebut akan dilakukan Project Expose untuk proyek-proyek yang diusulkan. “Project Expose ini akan dilaksanakan secara terbuka baik kepada calon investor nasional ataupun internasional yang berkompeten, “ pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dukungan PT PII untuk pengembangan potensi proyek/program PT Pertamina (Persero), yang dikelola oleh PT KPI dan proyek PT KPI mengadopsi skema KPBU.

Baca juga : Rakor Dengan Pemprov DKI, KPK Pertanyakan Kemajuan Penagihan PSU

“Dengan adanya Tim Kerja Gabungan sesuai kerja sama PT PII dan PT KPI ini, didukung dengan kegiatan-kegiatan capacity building maupun knowledge sharing yang akan dilaksanakan, PT PII dan PT KPI diharapkan dapat bersinergi dalam mewujudkan percepatan penyediaan proyek/program sektor energi melalui skema KPBU” tutup Sutopo.

PT KPI adalah Sub-holding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero), anak perusahaan yang diberi tugas untuk mengelola kegiatan operasional dan bisnis PT Pertamina (Persero) dalam bidang pengolahan minyak dan gas bumi bumi. Termasuk, penugasan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada PT Pertamina (Persero), melalui program Roadmap Development Master Plan (RDMP), Grass Root Refinery (GRR) dan program lainnya , yang memerlukan inovasi pendanaan proyek melalui kerja sama dengan lembaga pembiayaan, mitra ekuitas, mitra strategis, kontraktor EPC dan operator kilang.

Baca juga : Satgas Pertamina Siap Kawal Tender dan Kemitraan Proyek Strategis

PT PII yang merupakan Special Mission Vehicle (SMV), berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu). PT PII memiliki mandat untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, yaitu dengan memberikan Penjaminan Pemerintah untuk proyek infrastruktur dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (“ KPBU”) dan skema Pinjaman Langsung/Direct Lending Badan Usaha Milik Negara dari Lembaga Keuangan Internasional, serta melaksanakan Fasilitas Penyiapan dan Pendampingan Transaksi KPBU dari Kemenkeu kepada PJPK. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.