Dark/Light Mode

Telkom Group Sukses Bangun Kedaulatan Telekomunikasi

Selasa, 20 Oktober 2020 07:42 WIB
Direktur Network dan IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko (kiri) melakukan peninjauan infrastruktur jaringan akses Telkom dan memberi arahan kepada Teknisi IndiHome demi memastikan kualitas layanan prima kepada pelanggan.
Direktur Network dan IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko (kiri) melakukan peninjauan infrastruktur jaringan akses Telkom dan memberi arahan kepada Teknisi IndiHome demi memastikan kualitas layanan prima kepada pelanggan.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk  terus membangun infrastruktur telekomunikasi ke seluruh negeri. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat digital yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

Direktur Network dan IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, Telkom telah membangun Digitalisasi Indonesia melalui Indonesia Digital Network (IDN) yang berfokus pada pembangunan dan penyediaan konektivitas yang menghubungkan seluruh titik hingga ke pelosok. 

Seperti, fiber optic dan kabel terrestrial di darat, submarine cable di laut, serta satelit  di udara.

“Hingga September 2020, sepanjang 166.343 kilometer fiber optic terbentang menghubungkan Sabang sampai Merauke, bahkan sampai akses komunikasi internasional. Ini setara dengan 4 kali keliling bumi,” ujar Herlan, Senin (19/10). 

Tak hanya itu, Telkom secara aktif turut serta dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi internasional, sehingga bangsa ini memiliki kemandirian, kedaulatan terhadap akses informasi dan telekomunikasi global, serta menyejajarkan Telkom dengan operator telekomunikasi global. 

Baca juga : Bareskrim Ciduk Penghina Kepala KSP Moeldoko

Di mana, lebih dari 34 ribu tower turut memperkuat akses telekomunikasi di darat.   

Untuk menjangkau titik-titik yang belum terjangkau fiber optic, seperti kawasan Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T), Telkom telah mengoperasikan tiga satelit yang dimilikinya (Satelit Telkom 2, Telkom 3S, dan Merah Putih) dengan total 133 transponder. 

Sedangkan pada layanan mobile, Telkom melalui anak usahanya, Telkomsel berhasil membangun secara masif layanan seluler melalui lebih dari 200 ribu Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar. 

“Di mana 90 ribu di antaranya merupakan BTS 4G. Ini artinya hampir seluruh wilayah NKRI populasi sudah dapat menikmati layanan seluler, termasuk layanan 4G LTE dari Telkomsel yang telah menjangkau hingga 95% populasi dan seluruh Ibu Kota/Kabupaten (IKK) di Indonesia,” terangnya.

Telkom juga menyediakan konektivitas untuk  kalangan rumah tangga melalui IndiHome. Layanan triple play ini telah memperkuat jaringannya hingga pulau terluar. Salah satunya, Pulau Rote.

Baca juga : Telkom Group Perkuat Bisnis Menara

Setidaknya, ada 13 pulau terluar telah terjangkau akses Telkom Group, di antaranya adalah Pulau Karimun, Pulau Kei, Pulau Alor, Pulau Weh, Pulau Sebatik, Pulau Liran, dan Pulau Rote. 

Telkom juga bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika lewat Palapa Ring, agar seluruh masyarakat di pelosok Indonesia dapat menikmati layanan telekomunikasi.

Dengan meratanya infrastruktur telekomunikasi hingga ke pelosok Indonesia, tentunya dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama UMKM yang berperan dalam akselerasi ekonomi. 

Modernisasi Infrastruktur

Selain itu, Telkom sedang menyiapkan strategi jitu menuju dunia digital di masa pandemi. Salah satunya, modernisasi infrastruktur di sejumlah wilayah, melalui program Modern Broadband City.

Baca juga : Perlu Ditiru Nih! Kunci Sukses Kabupaten Kepulauan Sitaro Tekan Covid-19

Telkom sendiri telah memiliki roadmap untuk mengupgrade seluruh infrastruktur copper  menjadi fiber optic untuk seluruh IKK yang menjadi kewajibannya sekitar 459 ibu kota kabupaten/kota sampai 2023. 

Hingga September 2020, Telkom telah berhasil merealisasikan 1 pulau (Kalimantan), 11 Provinsi, dan 346 IKK yang 100% full fiber.

Dengan begitu, kata Herlan, masyarakat dapat menikmati layanan triple play dan keragaman konten dengan kualitas broadband sekaligus sebagai new experience pelanggan terhadap limitless bandwidth. 

Sementara bagi pemerintah daerah, tambah Herlan, modernisasi dapat mendukung peningkatan ekonomi, pengembangan potensi ekonomi lokal, regional, dan nasional secara merata demi mewujudkan Indonesia Maju. [FIK] 


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.