Dark/Light Mode

H-1 Angkutan Nataru, Pelindo III Laporkan Tak Ada Lonjakan Penumpang

Kamis, 24 Desember 2020 19:26 WIB
H-1 Angkutan Nataru, Pelindo III Laporkan Tak Ada Lonjakan Penumpang

 Sebelumnya 
“Beberapa fasilitas pendukung kami siapkan untuk terpenuhinya protokol kesehatan. Mulai dari fasilitas untuk cuci tangan, cairan pembersih tangan (hand sanitizer), tempat pemeriksaan dokumen kesehatan, alat pengukur suhu tubuh, hingga petugas yang berkeliling untuk menegakkan protokol kesehatan,” lanjutnya. 

Dessy Arwang, salah satu penumpang KM Sinabung tujuan Tanjung Perak - Sorong, Papua, tahun ini mudik ke daerah asalnya untuk merayakan Natal bersama keluarga. Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Surabaya itu memilih menggunakan kapal laut, karena harga yang lebih terjangkau, jika dibandingkan moda transportasi lainnya. 

Baca juga : Terminal Kampung Rambutan Mulai Wajibkan Rapid Test Untuk Awak Bus Dan Penumpang

“Waktu tempuh sekitar 5 hari. Saya akan berada di Sorong selama beberapa bulan, karena kegiatan perkuliahan juga dilakukan secara daring,” katanya.

Sejumlah persyaratan yang ditetapkan sebagai dokumen perjalanan juga telah dipenuhi oleh Dessy. Menurutnya, hal itu bukan hanya sebagai formalitas, namun juga upaya untuk saling melindungi. Baik antar penumpang maupun keluarga di kampung halaman.

Baca juga : Pemprov DKI Hapus Denda Tunggakan Pajak

Arus Petikemas Internasional

Menjelang perayaan Natal 2020 dan tahun 2021, arus petikemas ekspor-impor di Pelabuhan Tanjung Perak terpantau lancar. Tidak ada penumpukan barang di 2 terminal pelabuhan yang melayani petikemas internasional, yakni Terminal Petikemas Surabaya dan Terminal Teluk Lamong.

Baca juga : 369 Dokter Meninggal Akibat Corona, PB IDI Waspadai Lonjakan Pasca Libur Panjang

Arus petikemas internasional di Terminal Teluk Lamong hingga November 2020, mencapai 270.944 TEUs. Sedangkan di Terminal Petikemas Surabaya, ada di angka 1.164.854 TEUs.

"Bicara soal arus petikemas, angkanya memang turun jika dibanding tahun lalu. Namun, penurunan tersebut masih berkisar di angka 5-7 persen. Jadi, kami tetap beraktivitas seperti biasa. Tentunya, dengan tetap mempehatikan protokol kesehatan,” tutup Suryo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.