Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mantap, KAI Masuk Daftar 100 Merek Termahal

Kamis, 31 Desember 2020 19:26 WIB
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo. (Foto: ist)
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun 2020 menjadi tahun istimewa bagi PT Kereta Api Indonesia (KAI). Banyak penghargaan yang didapat perusahaan kereta api pelat merah itu. 

Salah satunya adalah KAI berhasil masuk dalam daftar 100 merek termahal Indonesia pada tahun 2020 atau Indonesia’s Top 100 Most Valuable Brands 2020 yang dirilis oleh Brand Finance. KAI langsung menduduki peringkat ke-22. 

“Pemeringkatan ini berdasarkan metodologi yang digunakan Brand Finance untuk menghitung valuasi merek, melibatkan aspek keuangan, yang dikategorikan sebagai aspek kuantitatif,” ujar Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, Kamis (31/12).

Baca juga : MUI Minta FPI Tak Gelar Aksi 1812 Berlebihan

Brand Finance menghitung potensi pendapatan yang dapat dihasilkan dari sebuah brand. Brand Finance juga menggunakan pendekatan Royalty Relief untuk menilai brand dengan menghitung proyeksi revenue sebuah brand 3-5 tahun ke depan, tarif pajak, serta discount rate di pasar.

Tidak cukup sampai disitu, komitmen KAI menolak penyuapan terealisasi dengan KAI memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 setelah menjalani proses sertifikasi yang sesuai dengan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan. 

Keterbukaan KAI sebagai perusahaan pengelola jasa transportasi publik juga mendapatkan apresiasi dari Pemerintah. KAI berhasil meraih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif pada kategori BUMN dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat. 

Baca juga : Top, Wika Masuk 50 Perusahaan Terbaik

Penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin kepada Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo secara virtual. Predikat informatif yang diraih KAI merupakan peringkat tertinggi dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2020 yaitu Informatif, Menuju Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif, dan Tidak informatif. 

Logo Baru

Pada tahun ini, KAI juga melakukan perubahan logo bertepatan dengan HUT Ke-75 yang jatuh pada 28 September 2020. Pergantian logo ini sebagai transformasi visi dan budaya perusahaan.

Baca juga : Dua Aktivis RI Masuk Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh BBC

Menurut Didiek, perubahan logo merupakan bagian dari rangkaian transformasi perusahaan di berbagai aspek. Tidak hanya logo, budaya perusahaan KAI pun berubah yang diresmikan sejak 14 Agustus 2020. 

“KAI resmi memulai penerapan nilai-nilai utama Kementerian BUMN kepada seluruh insan KAI yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK),” tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.