Dark/Light Mode

Atasi Defisit Neraca Perdagangan

Peneliti : Genjot Ekspor Ke Negara Tujuan Non Tradisional

Rabu, 13 Januari 2021 19:48 WIB
ilustrasi/ist
ilustrasi/ist

 Sebelumnya 
Negara-negara seperti Kazakhstan, Kenya dan Tanzania memiliki peluang yang bagus menjadi tujuan ekspor karena ketiga negara ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan jumlah penduduk kelas menengah dan juga memiliki kondisi perekonomian yang cukup stabil dalam beberapa tahun ke belakang.

Belum lagi untuk negara di kawasan Afrika sekarang ini tengah mengalami pertumbuhan penduduk yang relatif cepat sehingga diprediksi kebutuhan akan produk-produk tertentu pun akan meningkat.

Baca juga : Indonesia Genjot Ekspor Ke AS Rp 850,9 Triliun

Pemerintah perlu melakukan beberapa upaya untuk mendongkrak nilai ekspor di negara-negara non tradisional, seperti meninjau kawasan yang memiliki potensi daya beli yang tinggi serta produk apa saja yang diminati.

"Selain itu, pemerintah juga perlu meningkatkan kerjasama bilateral dengan negara-negara non tradisional lewat kerangka seperti CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) dan FTA (free trade agreement) yang dapat memberikan keuntungan dalam perdagangan seperti penghapusan dan/pengurangan hambatan bea masuk," tutup Pingkan.

Baca juga : Formasi Bicara Soal Kenaikan Cukai: Penerimaan Negara Turun, Rokok Ilegal Naik

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menargetkan surplus sebesar USD 1 miliar pada neraca perdagangan di tahun ini.

Selain itu, ekspor riil barang dan jasa ditargetkan akan tumbuh sebesar 4,2 persen, ekspor non migas akan tumbuh 6,3 persen serta adanya pertumbuhan rasio ekspor terhadap jasa ekspor terhadap PDB sebesar 2,8 persen untuk tahun 2021. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.