Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Atasi Dengan Pemulihan Ekonomi Nasional

Wapres: Dampak Covid-19, Kemiskinan Akan Meningkat

Sabtu, 23 Januari 2021 12:14 WIB
Wakil Presiden, Prof Dr (HC) KH Maruf Amin. [Foto KIP/Setwapres]
Wakil Presiden, Prof Dr (HC) KH Maruf Amin. [Foto KIP/Setwapres]

RM.id  Rakyat Merdeka - Meningkatnya angka kemiskinan dan ketimpangan sosial merupakan dampak yang akan segera terasa, akibat pandemi Covid-19. Hal ini dinyatakan Wakil Presiden, Prof Dr (HC) KH Maruf Amin.

"Dampak yang akan segera terlihat adalah meningkatnya kemiskinan dan ketimpangan. Itu yang paling segera terlihat," kata Wapres. saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) V Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) secara virtual dari Jakarta, Sabtu (23/1).

Baca juga : Pemerintah Diminta Lebih Gesit dan Sigap Pulihkan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Menurutnya, pandemi Covid-19 memang berdampak besar, tak hanya di sektor kesehatan, tetapi juga di sektor sosial dan perekonomian. Namun dia mengingatkan, Pemerintah telah mengupayakan penanganan dampak pandemi melalui Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pemulihan tersebut, ujar Rais 'Aam Nahdlatul (2015–2018) ini, tidak dapat selesai dalam waktu yang singkat. Terlebih sebelum pandemi melanda, kegiatan ekonomi syariah juga masih tertinggal dan mengalami kesenjangan yang cukup besar.

Baca juga : Pemerintah Telah Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Alam Ke Sejumlah Daerah

"Walaupun pemerintah secara konsisten melakukan serangkaian kebijakan dalam rangka penanganan dampak pandemi, namun tidak dapat dipungkiri, proses pemulihan akan membutuhkan waktu yang panjang," jelasnya.

Karena itu, Wapres berharap, seluruh pihak yang terlibat dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, dapat meningkatkan partisipasinya dalam kegiatan ekonomi.

Baca juga : Percepat Pemulihan Pasca Gempa Sulbar, Menteri Basuki Libatkan BUMN Karya

"Kegiatan ekonomi harus kita tumbuhkan dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada. Dengan demikian, dapat mengurangi lebarnya kesenjangan di negara kita," ujarnya. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.