Dark/Light Mode

Harga Masih Tinggi

BUMN Pangan Gercep Guyur Daging Ke Pasar

Rabu, 27 Januari 2021 05:07 WIB
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI mendorong peningkatan pasokan daging sapi di pasaran. Langkah ini diharapkan bisa menekan harga komoditas tersebut yang belakangan mengalami kenaikan signifikan.

Direktur Utama (Dirut) RNI Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya bersama BUMN (Ba­dan Usaha Milik Negara) Klaster Pangan, melakukan gerak cepat (gercep) melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menekan harga daging sapi. Di antaranya dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DKI, Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI), serta BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Jakarta yang bergerak dalam bidang pangan.

Baca juga : Gula, Kedelai Dan Jagung Masih Impor, Jokowi Kesal

“Intinya, RNI bersama pihak-pihak tersebut sepakat memasok semaksimal mungkin kebutuhan daging yang ada di masyarakat. Khususnya, di wilayah Jakarta dan Bandung Raya,” ujar Arief kepada Rakyat Merdeka.

Arief bilang, pihaknya sedang mempersiapkan stok daging sapi dan kerbau untuk disalurkan ke pasar-pasar tradisional. Namun demikian, pihaknya belum bisa me­nyebutkan jumlahnya karena masih dalam proses penghitungan.

Baca juga : Harun Yahya Menolak Dihubungkan Dengan Gerakan Gulen

“Mengenai jumlah spesis­fiknya, saat ini kami masih terus menjalin komunikasi dan kerja sama dengan pihak-pihak terkait. Yang pasti, sesuai yang diamanat­kan Pemerintah,” katanya.

Arief menuturkan, RNI selama ini telah memiliki kerja sama dengan perusahaan yang memiliki stok daging sapi maupun kerbau. Perusahaan itu sudah siap meng­guyur stok ke pasar. Menurutnya, upaya memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga daging tidak dapat tercapai tanpa kerja sama yang solid antar para pe­mangku kepentingan. Terutama, para pelaku usaha dari mulai BUMN, BUMD, dan swasta.

Baca juga : Gerindra Dukung Kebijakan Pemerintah

Arief berharap, dengan terjaganya pasokan, maka lonjakan harga komoditas daging dapat ditekan. Sehingga, masyarakat bisa memperoleh kebutuhan daging berkualitas dengan harga terjangkau.

Dia menegaskan, RNI seba­gai Ketua BUMN Klaster akan terus mendukung terwujudnya program ketahanan pangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.