Dark/Light Mode

Smesco Dorong Produk UMKM Unggulan Ekspansi Hingga Pasar Ekspor

Rabu, 10 Maret 2021 12:20 WIB
Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata saat menggelar konferensi pers Belanja Online Sparc Live Shopping Produk Herbal dan Spa Lokal Unggulan secara virtual, Rabu (10/3). (Foto: Istimewa)
Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata saat menggelar konferensi pers Belanja Online Sparc Live Shopping Produk Herbal dan Spa Lokal Unggulan secara virtual, Rabu (10/3). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"UMKM binaan kami ini butuh trafik, bagaimana cara supaya dikenal ya harus dipromosikan. Ini jadi bagian dari effort Smesco untuk mendorong penjualan produk UMKM supaya jumlahnya makin besar, dan kita makin bangga produk Indonesia. Targetnya di 2021 UMKM bangkit dan naik kelas bisa tercapai," ujar Leo dalam Konfrensi Pers Belanja Online Sparc Live Shopping Produk Herbal dan Spa Lokal Unggulan secara virtual, Rabu (10/3).

Langkah ini juga lanjut Leo, dalam upaya pihaknya mencari UMKM-UMKM unggulan atau UMKM champion lokal, untuk bisa dorong lagi pemasarannya hingga menuju orientasi ekspor.

Baca juga : Audit Bersama Kementan-SFA Dorong Peningkatan Ekspor Babi Ke Singapura

Saat ini Smesco tengah mempersiapkan platform khusus penjualan produk Smesco yang diberi nama Sparc Trade. "Sparc Trade ini kami orientasikan untuk meningkatkan ekspor, bagaimana produk UMKM champion dari Sparc Live Shopping ini nanti kita bawa lebih besar lagi," ucapnya.

Selain itu, kata Leo, Smesco juga memiliki Sparc Campus yang menjadi bagian dari Sparc Trade sebagai agregator, memberikan pelayanan, pelatihan, inkubasi serta kerja sama dengan mitra.

Baca juga : Ini Kisah Mitra Binaan Bawang Hitam Masuk Pasar Internasional

Smesco mendorong pelaku koperasi dan UKM onboarding bisnisnya di ranah digital. Rencananya, Smesco bakal mengembangkan program Sparc Live Shopping tiap bulan atau secara berkala dengan tema produk yang berbeda-beda. Program ini juga berkolaborasi dengan platform Belanja.bio, GoJek dan Go Play.

Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada menambahkan, untuk kerja sama dengan UMKM, tentunya harus UMKM yang sudah onboarding dan melalui tahap kurasi dengan kriteria yang ditetapkan oleh Smesco, baik yang telah memiliki izin, serifikasi serta standar kualitas.

Baca juga : IBC Dorong KPK Ungkap Pasar Gelap Ekspor Benur

"Kerja sama dengan UMKM kami juga bantu di sisi logistiknya, termasuk ongkos kirim, harga diberikan kepada kami. Mereka (UMKM) antusias, bahkan ada UMKM yang memberikan diskon 20-50 persen," katanya.

Agar menarik minat masyarakat, program belanja smart shopping ini memberikan diskon hingga 70 persen dan gratis ongkos kirim bagi shoppers. Program belanja ini pun bisa diakses lewat streaming di Go Play maupun di link live.smesco.go.id. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.