Dark/Light Mode

BUMN Rame-rame Garap Bisnis Internet

Awas, Jangan Sampai Rebutan Lahan Bisnis

Selasa, 29 Juni 2021 05:31 WIB
Ilustrasi internet. (Foto : iStockphoto).
Ilustrasi internet. (Foto : iStockphoto).

 Sebelumnya 
Untuk diketahui, PLN mem­buat gebrakan dengan melun­curkan layanan jaringan internet tetap (fixed broadband internet), Iconnet. Layanan ini ditawarkan lewat anak usaha perseroan, yakni PT Indonesia Comnets Plus (ICON+).

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan, Iconnet merupakan bagian dari transfor­masi perusahaan. Menurutnya, Iconnet akan menjawab kebu­tuhan pelanggan yang meng­inginkan internet cepat, andal, dan sesuai dengan keekonomian masyarakat Indonesia.

Baca juga : Jalan Mampang Menuju Blok M Warna Merah Tua

“PLN membangun jaringan listrik hingga ke seluruh pelosok negeri yang akan kami ekspansi dengan jaringan internet. Ke de­pan, tentunya di mana ada listrik, di situ ada Iconnet,” ucapnya dalam keterangan resmi, kemarin.

Sementara, Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasa Marga Related Business (JMRB), akan terjun ke bisnis layanan teknologi komunikasi tetapi tidak menjadi penyedia jasa internet langsung, melainkan sebagai penyedia infrastruktur fiber optik.

Baca juga : Jangan Sepelekan Covid-19!

Direktur Bisnis Komersial JMRB Imad Zaky Mubarak menjelaskan, pada prinsipnya pihaknya akan mengoptimalkan segala aset yang ada di Jasa Mar­ga. Pihaknya melihat, infrastruk­tur jalan tol yang sudah mereka miliki bisa dimanfaatkan.

“Kami melihat ada potensi di situ. Sehingga kami akan memanfaatkan infrastruktur yang kami punya untuk diman­faatkan sebagai infrastruktur teknologi informasi,” katanya kepada Rakyat Merdeka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.