Dark/Light Mode

Selama PPKM Darurat

Stok Aman, Bulog Jamin Harga Beras Terkendali

Minggu, 11 Juli 2021 05:42 WIB
Stok Beras Di Salah satu Gudang Beras Milik Bulog. (Foto : Istimewa).
Stok Beras Di Salah satu Gudang Beras Milik Bulog. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Melimpahnya hasil panen, dan ini akan semakin bertambah karena akan berlanjut dengan panen nanti. Jadi bukan karena impor. Insya Allah pemerintah tahun ini tidak perlu impor be­ras,” tegasnya.

Di samping itu, pihaknya siap melaksanakan penugasan menyalurkan tambahan beras untuk bantuan sosial, yang bakal diberikan kepada 10 juta penerima Bantuan Sosial Tunai dan 10 juta Program Keluarga Harapan. “Masing-masing nanti akan mendapat tambahan ban­tuan beras sebanyak 10 kilogram (kg),” kata Buwas.

Baca juga : PPKM Darurat, Polda Jabar Kantongi Rp 334 Juta Dari Sanksi Denda

Lebih lanjut, menurut mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri ini, dengan adanya tambahan bansos beras, tidak hanya masyarakat peneri­ma yang merasakan manfaatnya, petani juga karena termasuk ke­lompok masyarakat terdampak Covid-19.

Menyoal ini, Guru Besar Insti­tut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa mengatakan, ketersediaan pangan termasuk beras sudah menjadi wewenang pemerintah. Dalam hal ini melalui Bulog, agar meyakinkan masyara­kat stok beras memang aman.

Baca juga : PPKM Darurat, Angkasa Pura I Sesuaikan Jadwal Operasional Di 4 Bandara

Menurut pengamatan Andreas, sejumlah komoditas masih cend­erung dipengaruhi oleh kebijakan impor, pandemi Covid-19 dan guncangan eksternal. Pemerintah perlu menganalisis masalah rantai pasokan dan ketersediaan di lapangan, guna mencegah pergerakan harga yang ekstrim dan mengontrol inflasi.

Dia mewanti-wanti, jangan sampai terjadi kekurangan beras. Sehingga mendorong pemerintah membuka kembali wacana impor.

Baca juga : Soal Upah Di Masa PPKM Darurat, Apindo Kasih Jalan Tengah

“Sah-sah saja bila pemerintah ingin berjaga-jaga. Tapi pemer­intah harus tetap mengawasi penyalurannya nanti,” pinta An­dreas kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia khawatir, jika tidak melalui perhitungan cermat, maka stok beras yang ada di Bulog menjadi mubazir. Sebab, beras memiliki daya simpan terbatas. Harus benar-benar dikelola dengan baik. Jangan beras sudah jelek dikasih ke masyarakat. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.