Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
PPKM Darurat Dongkrak Belanja Online
Penjualan Startup Pangan Melonjak Berkali-kali Lipat
Rabu, 14 Juli 2021 05:46 WIB

RM.id Rakyat Merdeka - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mendorong kenaikan belanja online, terutama untuk kebutuhan pokok. Startup pertanian Sayurbox dan TaniHub mencatatkan peningkatan penjualan berkali-kali lipat.
CHIEF Financial Officer Sayurbox Indonesia Arif Zamani menyebutkan, sejak PPKM Darurat diberlakukan pada 3 Juli 2021, penjualan Sayurbox melonjak.
“Permintaan meningkat sampai 4 kali lipat. Namun kami tetap fokus pada kesehatan dari tim operasional kami agar tetap dapat konsisten menjaga ketersediaan produk dan menjaga kualitasnya,” jelas Arif kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
Karena itu, sambung Arif, pihaknya berusaha terus meningkatkan kapasitas tim operasional. Selain untuk menjaga kesehatan tim di lapangan, Sayurbox juga berusaha memenuhi semua kebutuhan pelanggannya.
Berita Terkait : Stok Aman, Bulog Jamin Harga Beras Terkendali
Ia meminta maaf untuk pelanggan Sayurbox, lantaran pengiriman menjadi sedikit molor akibat melonjaknya permintaan.
Arif mengimbau, agar pelanggan berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan tidak perlu panik. Karena stok pangan mencukupi.
“Jadi nggak perlu panic buying. (Keterlambatan pengiriman) ini hanya masalah keterbatasan kapasitas operasional yang terus kami tingkatkan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” terangnya.
Arif melanjutkan, sejauh ini perusahaan telah menggandeng lebih dari 1.000 petani agar dagangan mereka menjadi lebih beragam.
Berita Terkait : Awas, Pasokan Pangan Seret Saat PPKM Darurat
Head of Marketing Communication Sayurbox Oshin Hernis menambahkan, jenis produk yang paling banyak diincar konsumen saat ini adalah empon-empon yang isinya terdiri dari jahe, kunyit, hingga sereh. Selama PPKM Darurat berjalan seminggu ini, khusus untuk produk tersebut, penjualannya sudah naik tiga kali lipat.
Produk lain yang paling banyak dibeli adalah buah jeruk. Buah jeruk dicari lantaran manfaatnya kandungan vitamin C-nya yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas. Produk ketiga yang paling banyak diincar, adalah paket Imunne Booster.
“Paket ini terdiri dari pilihan sayur, buah, karbohidrat, protein, dan susu yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh,” sebut Oshin kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
Senada, Chief Marketing Officer & Head of TaniHub Ritchie Goenawan menuturkan, untuk sektor retail, jumlah transaksi mengalami lonjakan menjelang diberlakukannya PPKM Darurat hingga saat ini.
Berita Terkait : Kemnaker: PPKM Darurat Bukan Alasan Tak Berikan Upah
“Jika dibandingkan dengan puncak Covid-19 tahun lalu, jumlah transaksi meningkat sampai dua kali lipat,” jelas Ritchie kepada Rakyat Merdeka tanpa merinci jumlah transaksinya.
Sebagai gambaran, sambung Ritchie, sejak Maret 2020, TaniHub mencatat revenue tumbuh 639 persen. TaniHub juga meraih 250 ribu pengguna baru.
Selanjutnya
Tags :
Berita Lainnya