Dark/Light Mode

Bangkitkan Ekonomi Nasional, CIMB Niaga Ajak Masyarakat Cinta Produk Lokal

Kamis, 15 Juli 2021 16:51 WIB
Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan dalam Forum Indonesia Bangkit bertajuk Bangga Buatan Indonesia: Bangkitkan Ekonomi Nasional melalui Industri Kreatif Lokal yang digelar virtual, Kamis (15/7). (Foto: Istimewa)
Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan dalam Forum Indonesia Bangkit bertajuk Bangga Buatan Indonesia: Bangkitkan Ekonomi Nasional melalui Industri Kreatif Lokal yang digelar virtual, Kamis (15/7). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain itu, dari hasil riset BPS dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada 2019, sektor ekonomi kreatif telah menyumbang sekitar 5,10 persen terhadap total produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan menyerap 19 juta pekerja. Adapun, sektor ekonomi kreatif di tahun yang sama telah berhasil menyumbangkan nilai ekspor sebesar 22,07 miliar dolar Amerika Serikat.

Melalui Forum Indonesia Bangkit Vol. 2, kata Tigor, pihaknya membuka ruang bagi masyarakat dan nasabah untuk berdiskusi secara virtual dengan para nara sumber yang ahli di bidangnya, sehingga bermanfaat untuk mendukung pengembangan bisnisnya.

"Kami terus berkomitmen membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, komunitas, maupun swasta, serta siap menjadi mitra bagi pebisnis UKM dan pelaku industri kreatif lokal dalam melewati masa-masa sulit saat ini,” kata Tigor.

Baca juga : 63 Ribu Orang Wafat Karena Covid-19, Menag Ajak Masyarakat Heningkan Cipta

Mendag Muhammad Lutfi menuturkan, bagaimana upaya pemerintah dalam menciptakan ekosistem e-commerce yang adil, sehat, dan bermanfaat. Ia mengapresiasi konsistensi CIMB Niaga untuk membangun kolaborasi, melalui inisiatif kegiatan seperti Forum Indonesia Bangkit, untuk menyuarakan semangat bangga buatan Indonesia.

"Untuk itu perlu dukungan semua pihak, agar produk lokal makin dicintai di Tanah Air. Tak cuma pemerintah, swasta, perbankan juga lainnya," ucap Lutfi.

Sementara Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, inisiatif yang telah dilakukan yaitu melalui konsep desa wisata sebagai wisata baru berbasis alam terbuka.

Baca juga : Cegah Corona, Kementan Dan IPB Ajak Masyarakat Konsumsi Produk Hortikultura

Ia menekankan, pihaknya senantiasa menciptakan ekosistem yang dapat mengakselerasi inovasi kreatif dari masyarakat desa dan anak muda.

"Upaya tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari peran perbankan, baik dari sisi pembiayaan maupun penyediaan fasilitas transaksi yang sehat, aman dan nyaman," ujarnya.

Dari pelaku usaha, Founder dan Owner Wardah Cosmetics Nurhayati Subakat dan Founder Erigo Muhammad Sadad yang membagi tips strategi marketing dalam era pemulihan ekonomi, perubahan strategi bisnis menjadi digital, upaya menghadapi tantangan persepsi brand lokal di mata konsumen Indonesia serta bagaimana brand lokal dapat bersaing di pasar internasional. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.